Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Songsong HSN 2021, PAC GP Ansor Karanggeneng Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Kepenulisan

Suasana saat berlangsungnya kegiatan pelatihan jurnalistik dan kepenulisan, di Aula SMP 45, Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, PAC GP Ansor Kecamatan Karanggeneng menggelar pelatihan jurnalistik dan kepenulisan, yang bertempat di Aula SMP 45, Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan.

Pelatihan ini juga merupakan hasil kerjasama antara PAC GP Ansor Karanggeneng dengan beberapa badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) setempat. Lantaran masih dalam suasana pandemi, kegiatan ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua PAC GP Ansor Karanggeneng, Hadi Santoso MPd dalam sambutannya menyampaikan, tujuan utama digelarnya pelatihan ini adalah untuk mencetak kader-kader yang mampu mewarnai penulisan-penulisan berita, utamanya bagaimana menulis yang baik dan benar di media sosial guna mempublikasikan setiap kegiatan yang digelar oleh NU setempat.

“Publikasi kegiatan NU sangatlah penting. Untuk itu, di era digitalisasi seperti ini kader-kader NU harus mampu menguasai teknik jurnalistik dan kepenulisan. Dengan begitu, setiap kegiatan ke-NU-an bisa dipublikasikan dan diarsipkan. Saat ini dakwah melalui media sosial juga merupakan keniscayaan,” ungkap Hadi, Senin (18/10/2021).

Lebih lanjut, Hadi berharap, para peserta pelatihan bisa menyerap apa yang disampaikan oleh para pemateri, membuka ruang pengetahuan dan pemahaman, sehingga ke depannya bisa membawa dampak positif bagi ekosistem Nahdliyin, khususnya di Lamongan.

“Kami berharap, output dari kegiatan ini adalah PAC GP Ansor Karanggeneng bisa memiliki media informasi online yang kontributor atau pengisi medianya tersebut adalah kader-kader dari kegiatan pelatihan ini,” jelasnya.

Diketahui, pihak penyelenggara kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing, di antaranya Safari Ranud Wijaya, seorang wartawan Indosiar yang juga tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Lamongan, dan penulis asal Lamongan yang beberapa kali menelurkan buku, yakni Mahrus Ali Jalil.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 73 peserta yang terdiri dari kader dari GP Ansor, IPNU/IPPNU, dan peserta dari lembaga lainnya. Tampak peserta sangat berantusias mengikuti kegiatan dalam setiap sesi materi yang disampaikan oleh narasumber.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar