Politik Pemerintahan

Soal Verifikasi Ulang Malang Jejeg, KPU Tunggu Salinan Putusan Bawaslu

Malang (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang belum menerima salinan putusan hasil Sidang Terbuka soal sengketa verifikasi faktual dari Bawaslu setempat.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini mengaku belum mengetahui bagaimana keputusan nantinya. “Apakah nanti kami menerima hasil ini atau tidak, Kami belum tahu karena kami belum menerima hasil salinan keputusan Bawaslu. Kami juga perlu rapat internal dulu dengan komisioner lainnya,” kata Anis, Selasa (8/9/2020).

Bawaslu Kabupaten Malang sore ini memenuhi tuntutan bakal pasangan calon dari jalur perseorangan, Malang Jejeg terkait hasil sengketa verifikasi faktual perbaikan.

Alasan terkabulkannya Malang Jejeg adalah, tidak profesionalnya KPUD Kabupaten Malang dalam menjalankan verfak perbaikan kemarin. Anggota KPUD Kabupaten Malang pun telah dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) oleh Tim Hukum Malang Jejeg.

Alasannya pun sama dengan alasan terkabulkannya tuntutan Malang Jejeg, yaitu anggota KPU tidak profesional dalam menjalankan verfak perbaikan.

Ketua Tim Kerja Malang Jejeg, Sutopo Dewangga mengaku, laporan ke DKPP selanjutnya tergantung dari keputusan KPUD Kabupaten Malang. “Apakah KPU mematuhi keputusan Bawaslu tadi yang menyatakan harus menambah tiga hari masa verfak perbaikan atau tidak? Kalau mematuhi kami akan cabut, kalau tidak ya kami akan teruskan,” tegas Sutopo.

Sutopo menjelaskan, jika memang berlanjut kemungkinan komisioner KPUD Kabupaten Malang melanggar sangat berpotensi terbukti. “Karena hasil putusan Bawaslu Kabupaten Malang kali ini sudah bisa menjadi bukti kalau komisioner KPUD sudah melanggar kode etik, yakni tidak profesional,” tuturnya.

Terpisah, koordinator divisi sengketa Bawaslu Kabupaten Malang, Abdul Alam Amrullah mengaku keputusan hari ini wajib dipatuhi oleh KPU Kabupaten Malang. “Iya ini sifatnya wajib dipatuhi karena ini putusan akhir,” terang Amrullah. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar