Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Soal Vaksin Nusantara dan Merah Putih, Anggota Komisi IX: Kita Ini Hebat Kok

Anggota Komisi IX DPR RI Nur Yasin

Jember (beritajatim.com) – Nur Yasin, anggota Komisi IX DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa, mendukung Vaksin Nusantara dan Vaksin Merah Putih. Ia memuji dua vaksin tersebut sebagai ikhtiar anak bangsa.

Vaksin Nusantara diteliti dan dikembangkan oleh Terawan Agus Putranto, seorang dokter purnawirwan letnan jenderal TNI dan mantan menteri kesehatan. “Pak Terawan termasuk dokter yang sangat jenius,” kata Nur Yasin, Jumat (27/8/2021).

Nur Yasin adalah salah satu bagian dari kelompok pertama yang mendukung vaksin Nusantara. “Kami berkunjung ke Semarang, tempat di mana penelitian dilakukan. Ada 12 orang waktu itu yang mendukung konkret siap divaksin. Salah satunya saya. Sekarang sudah memasuki tahap (fase) ketiga,” katanya.

Sementara Vaksin Merah Putih dikembangkan oleh tujuh institusi dengan platform berbeda, yakni Lembaga Eijkman, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Padjadjaran Bandung.

Jika Universitas Airlangga menggunakan virus yang dimatikan, Lembaga Eijkman, LIPI, UGM, dan Unpad menggunakan platform protein rekombinan. ITB menggunakan vektor virus. UI menggunakan platform RNA, DNA, protein sub-unit, dan partikel mirip virus.

“Kita memang agak lambat mengembangkan vaksin. Tapi Vaksin Merah Putih dikembangkan di tujuh tempat dengan platform berbeda. Bukan Main. Yang paling maju di Lembaga Eijkmann dan Airlangga,” kata Nur Yasin.

Nur Yasin membayangkan jika seluruh lembaga tersebut berhasil membuat vaksin dan berproduksi. “Kalau awal tahun depan jadi benar, hebat. Kita ini hebat kok. Cuma kadang-kadang kita tidak pernah mengakui kehebatan kita sendiri,” katanya. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar