Politik Pemerintahan

Soal Limbah, DLH Kabupaten Malang Layangkan Surat Teguran ke PT Greenfields

Malang (beritajatim.com) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang akhirnya melayangkan surat teguran ke PT Greenfields Indonesia. Hal itu terkait adanya pembuangan limbah cair yang diduga telah mencemari sejumlah lahan pertanian di Desa Kesamben, Kecamatan Ngajum.

Surat teguran tersebut dilayangkan agar PT Greenfields Indonesia ini tidak membuang limbah cair yang berasal dari kotoran hewan ternak berupa sapi perah.

Kepala DLH Kabupaten Malang, Budi Iswoyo menyampaikan, dirinya telah memberikan surat teguran pada PT Greenfields Indonesia, yang dinilai telah mencemari lingkungan. “Kami sudah memberikan surat peringatan,” tegasnya Budi, Kamis (12/3/2020).

Terpisah, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq menuturkan, sebenarnya keluhan para petani tersebut telah ditampung oleh pihak legislatif.

“Kapan hari, kami telah menerima perwakilan para petani diruang Komisi III DPRD Kabupaten Malang. Mereka mengeluhkan limbah cair tersebut,” ucapnya.

Dengan adanya keluhan tersebut, lanjut Zia, dirinya berjanji akan memanggil pihak Greenfields dan dinas-dinas terkait untuk memberikan kejelasan atas kasus limbah cair tersebut.

“Dalam waktu dekat, kami akan undang mereka, Greenfields dan dinas terkait. Greenfields ini bukan pabrik kecil, mereka juga punya slogan harus ramah lingkungan. Tapi kalau ada masalah seperti ini kan memang harus kita panggil. Entah nanti kita rapat atau datangi langsung kesana, intinya dewan akan memfasilitasi,” pungkasnya. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar