Politik Pemerintahan

Soal Kuota CPNS, Sekda Jember: Berdoa Saja

Sekretaris Daerah dan Ketua TAPD Jember Mirfano

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, masih berupaya agar ada kuota calon pegawai negeri sipil tahun ini. Saat ini pemerintah pusat sudah menetapkan Jember menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Timur yang tidak mendapat jatah kuota CPNS daerah.

Pemkab Jember akan berkonsultasi dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Nasional. Sekretaris Daerah Jember Mirfano mengaku tidak tahu alasan pemerintah pusat tidak memberikan kuota CPNS tahun ini. Padahal Pemkab Jember sudah mengusulkan kuota sebesar 764 CPNS pada 20 Agustus 2019.

“Rinciannya di antaranya 388 orang tenaga pendidikan, 140 orang tenaga kesehatan, dan tujuh orang tenaga penyuluh,” kata Mirfano, Selasa (29/10/2019).

Kuota 764 CPNS sudah disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk menggantikan PNS yang sudah pensiun. Tenaga fungsional pendidikan dan kesehatan jadi prioritas sesuai perintah pemerintah pusat.

Bagaimana dengan pegawai K3? “Mereka sudah terjaring sebagian sebagai P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Sekarang masih menunggu pemberkasan dari Kemenpan,” kata Mirfano.

Soal kuota CPNS, Mirfano meminta semua pihak berdoa. “Mudah-mudahan pada 2020, kuota CPNS 2019 bisa ditambahkan. Berdoa saja. Atau mungkin ada kebijakan perubahan dari Menpan,” katanya

Namun, Kepala Kantor Regional II Badan Kepegawaian Nasional Jawa Timur Tauchid Djatmiko mengatakan, semua tergantung kebijakan Menpan. “Tergantung kebijakan dan usulan Jember sendiri,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar