Politik Pemerintahan

SMRC: 85% Warga Yakin Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020 Akan Membawa Perbaikan

Pilkada Serentak 2020

Jakarta (beritajatim.com) – Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa mayoritas warga (85%) merasa sangat/cukup yakin pilkada akan menghasilkan pemimpin yang bisa membuat daerah semakin baik ke depan.

Temuan ini disampaikan Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad, dalam acara presentasi daring hasil survei nasional SMRC bertajuk “Evaluasi Publik Nasional terhadap Pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020” di Jakarta, 17 Desember 2020.

Survei nasional dilakukan dengan metode wawancara per telepon terhadap 1200 responden yang dipilih secara acak (random) pada 9-12 Desember 2020. Margin of error survei diperkirakan +/-2.9%.

“Ini temuan penting,” kata Saidiman, “karena salah satu alasan utama masyarakat tetap mendukung pelaksanaan pilkada serentak pada 9 Desember adalah karena mereka berharap akan ada pemimpin yang memperoleh mandat dari rakyat.”

Dalam survei nasional SMRC pada 18-21 November lalu, terungkap bahwa meskipun 77% warga merasa khawatir tertular atau menularkan Covid 19 jika Pilkada serentak tetap dilaksanakan pada 9 Desember, namun mayoritas warga (64%) menginginkan Pilkada tetap dilaksanakan agar kepala daerah memiliki mandat dari rakyat.

“Mudah-mudahan para pemimpin daerah yang terpilih menyadari betapa besarnya kepercayaan dan harapan publik pada mereka,” kata Saidiman. (ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar