Politik Pemerintahan

SKD Lumajang Pantau Kedatangan Orang Luar Kota

Bupati Lumajang Thoriqul Haq, saat memantau wilayah

Lumajang (beritajatim.com) – Untuk mempertahankan Lumajang sebagai kawasan Zona Kuning penyebaran Covid-19, pemkab setempat bersama TNI dan Polri akan mengefektifkan pengawsan kedatangan orang luar daerah melalui Satgas Keamanan Desa (SKD).

“SKD menjadi ujung tombak dalam mengawasi kedatangan orang luar daerah yang pulang kampung dari merantau,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq, kepada wartawan, Selasa (9/6/2020).

Menurut dia, SKD tidak hanya menjaga keamanan kampung dari gangguang kamtibmas, tapi juga sebagai garda terdepan memantau orang baru masuk desa. Pasalnya, klaster penyebaran Covid-19 di Lumajang berasal dari orang luar kota.

“Ini yang kita awasi, karena OTG (Orang Tanda Gejala) Covid-19 jauh lebih berbahaya, perlu isolasi 14 hari,” terangnya.

Untuk mendukung kerja SKD, dilibatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa bersama petugas kesehatan di Puskesmas Pembantu. “Penguatan SKD ini bagian dari mendukung Kampung Tangguh,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, sebanyak 198 SKD di Kabupaten Lumajang dibentuk oleh mantan Kapolres AKBP Arsal Sahban dalam menekan kriminalitas. Peran SKD ini mampu menurunkan angka kriminalitas. [har/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar