Politik Pemerintahan

Siswa Ponorogo Rekam KTP Cukup di Sekolah Sendiri

Siswa di salah satu sekolah di Ponorogo melakukan perekaman KTP-el.(foto : Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo giat ke sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman KTP-el. Mereka menyasar siswa yang tahun ini sudah genap berusia 17 tahun.

Total ada 132 sekolah di Ponorogo yang saat ini terus disambangi setiap hari oleh petugas Dispendukcapil. Umumnya siswa kelas sebelas.

”Dengan perekaman ini, diharapkan mereka nanti bisa berpartisipasi dalam pilkada,” kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Heru Purwanto, Rabu (12/2/2020).

Menurut data dari Dispendukcapil, ada 12.400 warga Ponorogo yang kelahiran tahun 2003. Artinya pada tahun ini mereka akan berusia 17 tahun. Ada sekitar 7000 anak yang berusia 17 tahun sebelum tanggal 23 September mendatang. Dengan demikian, yang bersangkutan memiliki hak pilih pada Pilkada Ponorogo nanti.

”Mereka yang berumur 17 tahun setelah Pilkada juga kami lakukan perekaman,” katanya.

Heru menargetkan perekaman KTP-el untuk pemilih pemula akan selesai pada bulan April mendatang. Dia berharap sekolah ikut aktif membantu dengan mengumpulkan seluruh siswa yang ditargetkan merekam KTP-el.

”Karena kendala yang dialami petugas selama ini adalah tidak lengkapnya siswa di sekolah. Ada yang tidak masuk karena sakit, ijin bahkan mengikuti praktek kerja lapangan,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar