Politik Pemerintahan

Sinergi BNPB dan BPBD Kota Kediri Bagikan Masker di Hari Jadi Kota Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Bertepatan dengan hari jadi Kota Kediri yang ke 1142, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri melakukan aksi bagi masker sekaligus monitoring daerah-daerah yang menerapkan PPKM Level 4.

Plt.BPBD Kota Kediri, Hindun Munawaroh mengatakan, “Hari ini Kota Kediri kedatangan BNPB pusat untuk melakukan monitoring pelaksanaan PPKM Level 4 di setiap kabupaten/kota salah satunya Kota Kediri,” Selasa, (27/7/2021).

Monitoring tersebut sekaligus memberikan bantuan masker kepada BPBD Kota Kediri yang nantinya akan diserahkan kepada setiap PPKM mikro kelurahan. “Tadi kami berkesempatan mengajak tim dari BNPB ke kelurahan Mojoroto untuk melakukan monitoring sekaligus penyaluran masker,” tandasnya.

Disebutkan Indun ada total 4000 masker yang diserahkan kepada BPBD Kota Kediri. Sementara untuk penyaluran berdasarkam total kasus yang ada dalam kelurahan tersebut. “Kelurahan Mojoroto ini kan kasusnya lumayan tinggi, oleh karena itu kenapa penyaluran dilakukan disini,” imbuh Indun.

Menurutnya hal ini merupakan salah satu upaya dari BNPB pusat dan Pemerintah Kota Kediri dalam menekan angka kasus Covid-19 di Kota Kediri. “Sesuai arahan pak presiden dan Walikota Kediri, yang melindungi kita ini adalah masker, jadi tetap gunakan masker dan jangan melepas,” pungkasnya.

Sementara itu Johny Sumbung Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB saat ditemui menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari mengevaluasi PPKM level 4 yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada warga agar selalu menggunakan masker.

“Salah satu faktor penyebaran Covid-19 adalah kurangnya kesadaran warga untuk memakai masker atau penggunaan masker yang salah. Untuk itu kami dari BNPB melakukan penyaluran bantuan masker sebanyak 4000 dan memberikan sosialisasi kepada warga untuk selalu menggunakan masker”, ungkap Johny Sumbung, Selasa (27/7/2021).

Lebih lanjut, Johny mengharapkan agar kedepannya kesadaran masyarakat tentang pentingnya memakai masker itu dapat meningkat khususnya di Kota Kediri. Tak lupa ia juga meminta kepada masyarakat agar bersabar dengan keadaan saat ini.

“Semoga kedepan dengan sosialisasi kesadaran warga akan pentingnya memaki masker dapat meningkat. Saya juga meminta agar masyarakat dapat bersabar dengan keadaan saat ini. Saya yakin kalau kita menaati aturan yang berlaku dari Pemerintah, kita bisa menekan penyebaran Covid-19 sehingga kita dapat kembali hidup normal seperti dulu”, ucap Johny Sumbung. [nm/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar