Politik Pemerintahan

Sidoarjo Zona Merah, Relawan Mas Iin Gerilya di Pasar

Sidoarjo (beritajatom.com) – Relawan Mas Iin panggilan akrap Calon bupati (Cabup) Sidoarjo 2020 H. Ahmad Amir Aslichin, menggelar aksi sosial berupa penyemprotan disinfektan, bagi-bagi hand sanitizer, masker dan sosialisasi physical distancing di Pasar Larangan, Kecamatan Sidoarjo.

Kordonator aksi, Nur Zaini mengatakan, Kabupaten Sidoarjo sudah menjadi zona merah dalam persebaran Covid-19. Kondisi ini harus diketahui semua masyarakat Sidoarjo. “Masyarakat harus selalu menjaga kebersihan, lingkungan, biasakan cuci tangan, asupan makanan bergizi, menjaga jarak aman dengan sesama dan lainnya,” katanya, Kamis (2/4/2020).

Dia menambahkan, zona merah tentunya sangat berpotensi sebagai area pernyebaran coronavirus. “Nah, setidaknya aksi Relawan Mas Iin ini mampu menekan potensi itu, syukur-syukur dapat memutus rantainya,” harapnya.

Sosialisasi pysical distancing juga di sosialisasikan para relawan Mas Iin sesuai dengan arahan World Health Organization (WHO), untuk meminimalisir khalayak berkerumun. Physical distancing juga sengaja diterapkan saat apel aksi.

Ini salah satu upaya untuk membekali relawan tentang pentingnya taat pada protokol ini. “Jaga jarak minimal satu meter antar sesama, tidak boleh berkerumun. Mari kita putus mata rantai penyebaran virus corona,” ajak Zen, panggilan Nur Zaini.

Lebih jauh dijelaskan Zen, dalam aksinya, tim disinfeksi Relawan Mas Iin menarget akses masuk, keluar, dan area parkir pasar. “Penyemprotan disinfektan hanya menyasar area terbuka saja, tidak pada manusia, merujuk himbauan WHO. Bahwa disinfektan berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan, jika diterapkan langsung pada manusia,” jabarnya.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, relawan Mas Iin juga membagikan masker dan handsanitizer. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pada kelangkaan masker di pasaran. “Kami prihatin masyarakat kesulitan untuk mendapatkan masker dan hand sanitizer. Karena itu kami berupaya sekuatnya untuk dapat membagikannya cuma-cuma,” tambahnya.

Dari masker dan hand sanitizer yang dibagikan oleh relawan Mas Iin, kedua item itu dibagikan dengan kemasan plastik steril. Tentu hal ini akan membuat khalayak yang menerima tenang dan tidak was-was. Selain itu relawan juga menyebarkan selebaran petunjuk mencuci tangan. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat, untuk taat aturan pencegahan Covid-19 serta membudayakan pola hidup bersih dan sehat.

Relawan Mas Iin yang merupakan gabungan dari lintas elemen ini, memilih timing aksi pagi hari. Karena pagi hari merupakan titik keramaain di pasar. “Pada aksi ini setiap personil dari tim pembagian masker, dikawal satu personil. Tujuannya, untuk meminimalisir terjadinya kerumunan,” sebut Zen. [isa/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar