Politik Pemerintahan

Sidang PHPU KPU Pamekasan Digelar 6-9 Agustus 2019

Pamekasan (beritajatim.com) – Sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2019 yang melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan di Mahkamah Konstitusi (MK), bakal digelar antara Selasa hingga Jum’at (6-9/8/2019) mendatang.

Sengketa tersebut merupakan tuntutan dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk kecamatan Pagantenan, khususnya untuk hasil pileg katagori pemilihan DPR RI. Sekalipun sebelumnya mereka sempat mendapat tuntutan dari empat partai politik (parpol) berbeda.

“Dari empat tuntutan yang kami hadapi tentang sengketa PHPU di MK, saat ini tercatat hanya satu tuntutan saja, yakni tuntutan dari Partai Gerindra yang dijadwalkan digelar antara tanggal 6 hingga 9 Agustus 2019,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pamekasan, Moh Amiruddin, Selasa (30/7/2019).

Hal tersebut disampaikan berdasar hasil evaluasi internal KPU Pamekasan, seputar penetapan tanggal pengumuman resmi 45 anggota DPRD Pamekasan terpilih. “Mengacu dari jadwal tersebut, nantinya penetapan dewan terpilih baru kita lakukan pasca putusan MK tuntas. Baik satu hari pasca putusan ataupun di hari berikutnya,” ungkapnya.

Sebelumnya Ketua KPU Pamekasan, Mohammad Halili juga menyampaikan jika penetapan legislator terpilih untuk periode 2019-2024, bakal digelar pada pekan pertama Agustus 2019. Sekalipun sebelumnya sempat direncanakan diumumkan pada awal Juli 2019 lalu.

Hanya saja adanya gugatan dari empat parpol berbeda, dan saat ini menyisakan satu gugatan membuat mereka kembali mengatur ulang jadwal penetapan untuk kedua kalinya. Sekalipun di kabupaten lain di Madura, juga sudah lebih awal dilakukan penetapan wakil rakyat terpilih hasil pemilu serentak yang digelar 17 April 2019 lalu. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar