Politik Pemerintahan

Sidak Rumah Makan Amboina Bangkalan Petugas Soroti Pembayaran Pajak

Sidak Warung Makan Amboina di Bangkalan, Jumat (12/3/2021).

Bangkalan (beritajatim.com) – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bersama Komisi A dan B serta Satpol-PP Kabupaten Bangkalan, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Warung Gang Amboina di Jalan KH. Moh Kholil gang IX No.97A, Pasarkapok Timur, Kelurahan Demangan, Jumat (12/3/2021).

Alhasil tim sidak menemukan Portable Data Terminal (PDT) dalam keadaan dimatikan. Padahal, alat tersebut digunakan untuk merekam data transaksi usaha sehingga pajak yang dibayarkan sesuai dengan omset yang diperoleh.

Kepala Bapenda Bangkalan, Ismet Effendi mengatakan, dimatikannya alat tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan pegawai untuk menginput data di dalam alat PDT. Sehingga, transaksi ditulis secara manual.

“Kendalanya memang kurangnya SDM dari pegawai dan pemilik usaha, sehingga perlu waktu agar terbiasa menggunakan alat tersebut,” ujarnya.

Meski begitu, menurut Ismet, pihak Warung Gang Amboina telah membayar pajak pada daerah. Namun, jumlah yang dibayarkan belum sesuai dengan data.

“Karena dimatikan tentu ada selisih, cuma belum kami hitung selisihnya berapa, terkait adanya selisih itu harus dibayar atau bagaimana masih akan kami koordinasikan kembali karena kami juga melihat dampak pandemi saat ini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Bangkalan, Rokip mengatakan perlu adanya kesadaran pengusaha dan kerjasama dari OPD terkait mensosialisasikan penggunaan alat PDT maupun Tapping Box. “Harus terus dilakukan penekanan dan sosialisasi ke masing-masing pengusaha agar tertib,” ungkapnya.

Ia juga meminta adanya selisih pembayaran pajak dapat segera diselesaikan. Sebab pihaknya tak ingin ada penutupan tempat usaha selama permasalahan itu dapat segera diselesaikan. “Soal penutupan, kami belum ada ke arah sana. Selama masih bisa diselesaikan tidak perlu menutup,” tandasnya.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar