Politik Pemerintahan

Sidak Pasar Larangan Jelang Natal dan Tahun Baru, Gubernur: Stok Kebutuhan Pokok Aman

Sidoarjo (beritajatim.com) – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa melakukan sidak ke Pasar Larangan Sidoarjo, Selasa (24/12/2019). Khofifah menyatakan stok barang kebutuhan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, secara umum aman dengan harga relatif stabil.

Bahkan, harga beberapa sembako di Pasar Larangan sedikit lebih murah dibanding Pasar Tambahrejo Surabaya. Seperti bawang putih, cabe merah dan cave rawit serta harga daging sapi.

Begitu juga bawang putih yang harganya justru turun ketimbang bawang merah yang sedikit ada lonjakan. “Kendati harganya mahal, saya tidak akan mengizinkan impor bawang merah,” katanya di sela-sela sidak di Pasar Larangan.

Sebentar lagi, pada bulan Februari mendatang, petani bawang merah di Nganjuk panen raya sehingga harga bisa distabilkan.

Mantan Menteri Sosial itu menambahkan, untuk harga bawang putih turun. Harganya, sekitar Rp 25.000/kilogram. Sementara harga cabe rawit cenderung turun, meski harga cabe merah ada kenaikan harga berkisar senilai Rp 1.000 sampai Rp 2.000 per kilogram.

Ia berharap dan menghimbau pada para pedagang, untuk tidak menimbun atau menjual bahan pokok dengan harga jual yang tidak wajar. “Kami juga tidak punya rencana, untuk mengambil bahan pokok dari luar daerah. Pada intinya, stok bahan pokok yang dikonsumsi masyarakat masih aman,” jelasnya.

Dalam sidaknya di Pasar Larangan, Khofifah juga membeli daging sapi 2 kilogram di kios milik Hj Nur dan Amiril seharga Rp 200 ribu. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar