Politik Pemerintahan

Sidak, Komisi 1 DPRD Sampang Temukan Kerusakan Proyek Dana Desa

Sekretaris Komisi 1 DPRD Sampang sidak alokasi DD/ADD

Sampang (beritajatim.com) – Inspeksi Mendadak (Sidak) oleh Komisi 1 DRPD Kabupaten Sampang dilakukan terhadap realisasi proyek Dana Desa di Desa Angsokah, Kecamatan Omben, Rabu (27/11/2019). Legislatif menemukan beberapa pengerjaan diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB). Yang lebih parah lagi, sejumlah titik proyek juga sudah rusak.

“Ketika kami turun ke lapangan, ada kegiatan pengaspalan yang lokasinya malah tidak sesuai harapan masyarakat karena tidak sesuai dengan usulan saat Musrenbangdes,” kata Aulia Rahman, Sekertaris Komisi 1 DPRD Sampang.

Padahal menurut dia, kegiatan yang dilakukan di desa merupakan bentuk usulan pada saat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dengan melalui kesepakatan di tiap dusun.

Masih kata Aulia, pada pengerjaan saluran dan rabat beton yang juga dikerjakan di tahun anggaran 2019, kini kondisinya sudah rusak.

“Belum habis tahun anggaran 2019, pengerjaan saluran, pelengsengan dan rabat betonnya sudah rusak. Nah karena ada pemeliharaan dalam jangka waktu enam bulan pasca penyelesaian, maka Kades setempat harus segera memperbaikinya. Tapi jika ditemukan pada awal pengerjaannya yakni saat progres nol persen sudah tidak sesuai dengan RABnya, ya harus dibongkar,” tegasnya.

Disinggung tupoksi adanya Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lapangan Desa (PLD), Aulia menegaskan pendamping harus ikut bertanggung jawab dari semua kegiatan yang dilakukan oleh desa.

“Mereka (PD dan PLD) kan dibayar (gaji) untuk mendampingi dan mengawasi, masak pemerintah menggajinya tanpa ada rasa mereka tanggung jawab dari hasil kegiatan pembangunan yang ditemukan. Karena jika ada penyalahgunaan DD dan ADD, itu bisa masuk ranah korupsi,” paparnya.

Sementara Kepala Desa Angsokah, Muafi enggan berkomentar secara gamblang, namun demikian pihaknya mengaku program kegiatan yang bersumber dari DD dan ADD 2019 sudah hampir selesai.

“Dari 10 titik lokasi pembangunan sudah hampir selesai, mulai dari pengaspalan, irigasi, rabat beton dan program lainnya,” tandasnya. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar