Politik Pemerintahan

Sidak Awal Tahun, Bupati Malang Temukan Antrian Panjang Urus KK

Malang (beritajatim.com) – Inspeksi Mendadak (Sidak) dilakukan Bupati Malang, HM.Sanusi, Kamis (2/2/2020) siang ini di Kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Dispendukcapil) di Jalan Trunojoyo, Kota Kepanjen, Kabupaten Malang.

Usai turun dari mobil dinas Alphard warna hitam, Sanusi langsung menuju ruang pengambilan dokumen. Ditempat ini, Sanusi menanyakan kesiapan pegawai Dispendukcapil dan sistem pelayanan sesuai nomer antrian untuk mengurus kartu keluarga (KK), akte kelahiran, akte kematian hingga proses e-KTP.

“Ini sudah berapa orang yang mengantri. Bagaimana sistem pelayanannya? Harus cepat ya, maksimal ngurus di Dispendukcapil harus jadi sehari. Kasihan yang datang jauh-jauh,” ungkap Sanusi.

Sanusi juga berbincang langsung dengan warga yang antri mengurus dokumen kependudukan. Seorang wanita paruh baya bahkan tak sungkan minta foto bareng dengan Sanusi. “Ayo kalau mau foto. Sudah jadi, ngutus apa tadi,” tanya Sanusi.

Wanita yang mengaku dari Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang bagian selatan ini mengaku hendak pergi ke Taiwan. Kedatanganya ke Dispendukcapil untuk mengurus Kartu Keluarga sebagai syarat merantau ke luar negeri. “Mau ke Taiwan pak. Saya ngurus KK dan KTP. Alhamdulillah sudah jadi,” jawab wanita tersebut. “Ya sudah, berarti sudah jadi ya KK nya,” terang Sanusi.

Menurut Sanusi, pihaknya menghimbau seluruh aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Malang, serius dan optimal serta meningkatkan pelayanan secara langsung pada masyarakat.

“Pelayanan harus cepat dan optimal. Kita tidak temukan yang negative di kantor Dispendukcapil. Namun kalau bisa pelayanan harus cepat, pemohon saat ini masih antri 4 jam. Saya ingin kedepan bisa lebih cepat mengurus surat-surat kependudukan menjadi satu jam saja,” ujarnya.

Usai dari Dispendukcapil, Sanusi di dampingi Kepala Inspektorat Kabupaten Malang, Tridiyah Maestuti dan Kepala BKPSDM Norman Romdansyah. Rombongan Bupati Malang melanjutkan sidak ke Disnaker, Ruang Public Safety Center (PSC) 119 dan RSUD Kanjuruhan. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar