Politik Pemerintahan

Shelter Baru di Sentra IKM, Pemkab Ponorogo akan Pantau Kesehatan Perajin

Salah satu gedung di sentra IKM Kampung Reyog yang akan dijadikan shelter baru. (Foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kasus Covid-19 di Ponorogo masih terus bertambah. Hingga kini jumlahnya mencapai 1.119 orang, setelah ada penambahan 18 kasus konfirmasi baru. Penambahan itu terdiri dari 14 orang yang merupakan pasien suspek. Kemudian ada 3 orang yang merupakan riwayat kontak erat kasus konfirmasi sebelumnya dan satu orang merupakan pasien hasil rapid tes reaktif, setelah ditindaklanjuti dengan swab, hasilnya positif.

“Masih ada penambahan kasus baru, terakhir ada 18 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Wakil Bupati Soedjarno, Kamis (24/12/2020).

Data dari tim satgas penanggulangan Covid-19 Ponorogo, pasien yang sembuh tercatat ada 836 orang (74, 71 %). Pasien yang dinyatakan meninggal ada 42 (3, 75%) dan yang menjalani isolasi saat ini mencapai 241 orang (21, 54%). Banyaknya pasien yang menjalani isolasi ini, membuat ruang isolasi di rumah sakit rujukan dan shelter jalan Trunojoyo menjadi penuh. Oleh sebab itu, Soedjarno mendorong tim satgas untuk segera merampungkan pembuatan shelter yang berada di salah satu gedung IKM Kampung Reyog. “Kalau sudah jadi, shelter baru di gedung IKM ini bisa menampung minimal 60 pasien,” katanya.

Sementara itu tim satgas juga sudah melakukan audiensi dengan para perajin yang berada di sentra IKM Kampung Reyog. Tim satgas meyakinkan para perajin bahwa yang akan dilakukan dengan membuat shelter di gedung paling timur, masih aman untuk mereka. “Biar menimbulkan rada ketenangan untuk perajin, kami akan lakukan penyemprotan disinfektan. Berapa kali dalam seminggu, itu tergantung dari permintaan para perajin,” kata Sekda Agus Pramono.

Selain itu, Pemkab juga akan memberikan bantuan masker dan hand sanitizer kepada para perajin. Agus meminta mereka untuk tetap berproduksi di sentra IKM Kampung Reyog iniini, jangan mengurangi kegiatan produksi. Dia meminta Dinas Kesehatan Ponorogo untuk memantau kesehatan para perajin, swhingga tidak ada penularan akibat adanya shelter baru tersebut. “Kalau perajin meminta rapid, ya akan kami rapid semua perajin yang ada di sentra IKM ini. Ini bentuk perhatian kami kepada perajin,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar