Politik Pemerintahan

Setelah Jalani Prosedur Kesehatan Berlapis, Puluhan PMI Tiba di Magetan

Magetan (beritajatim.com) – Sebanyak 31 Pekerja Migran Indonesia (PMI) pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Magetan menjelang Lebaran dengan menjalani prosedur kesehatan berlapis yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Total yang sudah pulang berjumlah 31, mereka tiba secara bertahap, untuk hari ini ada 12 PMI yang datang,” kata Bupati Magetan Suprawoto usai menyambut kedatangan PMI, di Gedung karantina khusus RSUD Magetan, Minggu (2/5/2021).

Ia menambahkan, puluhan pekerja migran tersebut menjalani prosedur kesehatan berlapis sebelum bisa pulang. “Seperti di Hongkong misal, mereka harus menjalani isolasi hingga 21 hari dan setelah dinyatakan negatif baru bisa pulang ke Indonesia,” papar Bupati Magetan.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda puluhan. PMI itu diperiksa kesehatannya oleh petugas KKP Bandara dan dokumen keimigrasiannya bagi PMI penerbangan internasional.

Lalu, mereka harus karantina terlebih dahulu di Asrama Haji Sukolilo dan dilakukan pengambilan tes swab PCR. Mereka yang hasil tesnya negatif maka dipulangkan ke kampung halamannya, sedangkan yang positif akan menjalani perawatan hingga sembuh dan dinyatakan negatif.

“Pemkab Magetan melalui Dishub melakukan penjemputan terhadap pekerja migran Indonesia di Asrama Haji Sukolilo Surabaya setelah menjalani berbagai prosedur untuk memastikan mereka tidak terpapar Covid-19,” katanya.

Sesuai mekanisme pemulangan, mereka nantinya masih harus karantina mandiri selama 3 hari di desa masing-masing. Setelah itu, mereka akan melakukan swab test oleh kecamatan untuk memastikan bersih dari Covid-19. “Kita kembalikan pada desa, karena PPKM Mikro ini semua kebijakan ada pada desa,” tandasnya. [kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar