Politik Pemerintahan

Setahun, Aset Pemkab Ponorogo Meningkat

Kepala BPPKAD Ponorogo Bambang Tri Wahono. [Foto/Endra Dwiono]

Ponorogo (beritajatim.com) – Berdasarkan catatan dari laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK pada tahun 2018, kapitasi aset bergerak maupun yang tidak bergerak yang dimiliki oleh Pemkab Ponorogo mencapai Rp 2,57 triliun.

Angka tersebut diperoleh dari beberapa sektor, mulai dari berbagai pembelanjaan beberapa tahun terakhir. Juga dari peningkatan kepemilikan aset yang sudah jauh meningkat. “Sedangkan untuk tahun 2019, baru akan diperiksa oleh BPK,” kata Kepala BPPKAD Ponorogo Bambang Tri Wahono, Kamis (30/1/2020).

Untuk diketahui, kata Bambang, berdasarkan LHP BPK pada tahun 2017 kekayaan yang dimiliki oleh Pemkab Ponorogo sebesar Rp 2,41 triliun. Ada peningkatan ratusan miliar rupiah hanya dalam tempo satu tahun. Yakni di tahun 2018 mencapai Rp 2,57 triliun.

Pertumbuhan kekayaan yang dimiliki itu, lanjut Bambang, selain karena banyaknya belanja modal, juga dipengaruhi oleh perbaikan dari segi pencatatan. Dia mencontohkan, untuk aset yang tidak bergerak, bukan hanya tanah yang dicatat. Melainkan ruas jalan juga dinilai oleh BPK. “Jalan juga masuk sebagai aset daerah, makanya dicatat,” pungkasnya. [end/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar