Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Serapan Anggaran Dinkes Bangkalan Masih Rendah

Kepala Dinas Kesehatan, Sudiyo

Bangkalan (beritajatim.com) – Serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan, rendah. Sampai awal Desember 2021 ini masih di angka 66 persen.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinkes Bangkalan, Sudiyo. Ia menyebutkan, tahun 2021 ini Dinkes menerima anggaran sebanyak Rp246.733.839.702 dan terserap sebanyak Rp162.843.311.264.

“Masih 66 persen serapan kita,” tuturnya, Jumat (10/12/2021).


Meski begitu, ia mengaku optimistis dapat melakukan serapan anggaran sebanyak 90 persen hingga 100 persen. Sehingga, anggaran sebanyak Rp 83.890.528.438 atau 34 persen itu dapat diserap dan digunakan.

“Kami terus upayakan semaksimal mungkin agar dapat diserap. Ya kalau gak bisa 100 persen, ya 90 persen,” terangnya.

Mantan Kepala Puskesmas Blega itu juga menyebut terdapat beberapa kendala dalam penyerapan anggaran. Salah satunya yakni belum siapnya Sistem Informasi Perangkat Daerah (SIPD) di Bangkalan. Sehingga, aplikasi yang seharusnya menyediakan informasi pembelian sarana dan prasarana (sarpras) belum beroperasi secara maksimal.

“Karena itu, belanja langsung kita terhambat. Baik untuk mencukupi kebutuhan sarana di dinas maupun fasilitas kesehatan (fakes),” tambahnya.

Tak hanya itu, adanya Pandemi Covid-19 juga menghambat penyerapan anggaran. Sebab, tak sedikit kegiatan yang harusnya dilaksanakan namun ditunda akibat Pandemi.

“Kita baru bisa berkegiatan itu beberapa bulan terakhir. Sehingga di situ baru dilakukan penyerapan untuk kegiatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Nur Hasan berharap Dinkes dapat melakukan penyerapan secara optimal. Sehingga pelayanan dan kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.

“Salah satu yang prioritas di Dinkes. Kami berharap dapat diserap secara optimal,” tandasnya. [sar/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev