Politik Pemerintahan

Sepekan Birukan Sulawesi, Jokowi Target Menang dan NasDem Tiga Besar

Surabaya (beritajatim.com) – Memasuki masa kampanye terbuka, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan safari kampanye keliling Sulawesi. Selama sepekan sejak Sabtu (23/3/2019) hingga Minggu (31/3/2019), NasDem membirukan seluruh Celebes.

Safari kampanye dimulai sejak kedatangan Surya Paloh di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (23/3/2019). Di Kota Angin Mamiri ini, Surya meresmikan 1000 Lorong NasDem. Atribut Partai NasDem menyulap Kota Makassar sehingga warna biru NasDem menjadi dominan dan menenggelemkan warna-warni lain di kota itu hingga ke lorong-lorong sempit.

Lorong NasDem sebagai salah satu cara mengimplementasikan semangat NasDem untuk membawa perubahan lebih dekat ke tengah masyarakat.

Surya Paloh pun terus bergerak. Pada hari pertama kampanye terbuka, Minggu (24/3/2019), Surya Paloh melakukannya di Lapangan Basulapa, Gorontalo. Di provinsi ini Surya mulai merasakan gegap gempita dan semarak semangat kehadiran Partai NasDem.

Surya Paloh dan rombongan DPP NasDem disambut konvoi puluhan becak motor (bentor) yang diinisiasi Caleg DPR RI Partai NasDem Daerah Pemilihan Gorontalo, Rachmad Gobel.

Alat peraga kampanye (APK) Partai NasDem ibarat sebuah pawai panjang tak berujung menyambut kedatangan orang nomor satu di Partai NasDem itu.

Di depan puluhan ribu kader NasDem dengan atribut kebesaran berwarna biru, Surya menegaskan bahwa Partai NasDem mendorong seluruh kader dan simpatisannya untuk menjaga semangat persatuan dan persaudaraan.

Di sini Surya menegaskan kembali komitmen NasDem untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin. Bagi NasDem dan Gorontalo, visi dan misi NasDem sejalan dengan visi dan misi Jokowi. Karena itu tak ada pilihan lain kecuali Jokowi harus menang agar proses pembangunan nasional, termasuk di Gorontalo, terus berlanjut.

Keesokan harinya, Senin (25/3/2019) Surya Paloh bergerak menuju Sulawesi Barat, tepatnya Mamuju. Surya menggelar kampanye di Lapangan Pantai Anjungan Manakarra. Sama seperti di Makassar dan Gorontalo, bendera-bendera NasDem dengan warna biru berkibar di mana-mana. Mamuju seakan menjadi Kota NasDem.

Di sini lagi-lagi Surya menegaskan tentang pentingnya Jokowi menang pada Pilpres 2019. Negeri ini memerlukan sosok yang berani dan optimistis.

“Saya datang untuk memastikan gunakanlah hak politik untuk memilih Jokowi dan NasDem,” tegas Surya Paloh di hadapan puluhan ribu masyarakat Mamuju yang hadir memadati area kampanye.

NasDem berharap pasangan Calon Presiden Nomor Urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dapat meraih kemenangan penuh di Provinsi Sulawesi Barat. ‘’Negeri ini butuh Jokowi,” tegas Surya.

Memasuki hari ke tiga kampanye terbuka, Surya Paloh mengunjungi Sulawesi Tengah, tepatnya Banggai. Ketua Umum NasDem itu berkampanye di Lapangan Kilongan Luwuk, Banggai.

Didampingi Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh, Bendahara Umum NasDem Ahmad Ali, Ketua DPP NasDem Willy Aditya, Surya Paloh disambut konvoi seribu sepeda motor. Lagi-lagi warna biru NasDem menghiasi Banggai.

Kepada puluhan ribu kader dan simpatisan NasDem, Surya Paloh mengimbau agar warga aktif datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memaksimalkan hak pilih dalam Pemilu Serentak 17 April 2019.

“Kita harus datang ke TPS,” tegas Surya sambil menambahkan Pemilu 2019 harus disambut dengan semangat perkawanan, bukan dengan bertikai dan menghasut.

Dari Banggai, Surya Paloh bersama rombongan menuju Manado, Sulawesi Utara. Kampanye Rapat Umum Terbuka Nasional Partai NasDem di ibu kota provinsi paling utara itu digelar di Stadion Klabat, Manado, pada Rabu (27/3/2019).

Puluhan ribu warga Kota Manado sambil memegang atribut NasDem, tak beranjak meninggalkan lokasi kampanye. Mereka setia mendengarkan orasi Surya Paloh. Mereka bersorak dan bertepuk tangan mengiringi orasi Ketua Umum Partai NasDem itu.

Dalam orasinya, Surya mengemukakan bahwa semangat gotong royong dalam hidup berbangsa harus terus dijaga meski ada perbedaan pandangan dalam Pemilu 2019.

“Kita tinggal di bumi Indonesia dengan satu komitmen yang diletakkan pendiri bangsa kita yakni hidup saling bergandengan tangan, gotong royong, dan toleransi. Itulah prinsip-prinsip dasar yang terdapat dalam Pancasila,” ujar Surya.

Surya menegaskan, hanya Pancasila yang bisa menyelamatkan bangsa ini dari ancaman perpecahan.

Dari Manado, safari Surya Paloh berlanjut ke Sulawesi Tenggara, tepatnya Kendari pada Jumat (29/3/2019). Dalam kampanye terbatas yang digelar di sebuah hotel, Surya lagi-lagi menekankan pentingnya memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Saya tekankan bahwa kemenangan Jokowi-Amin lebih penting dari kemenangan partai ini,” tegasnya.

Kampanye Akbar Calon Presiden Nomor Urut 01 Jokowi di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (31/3/2019) sekaligus menutup rangkaian safari politik Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Pulau Sulawesi.

Hadirnya Surya Paloh di kampanye akbar Jokowi merupakan penegasan dukungan tanpa syarat NasDem kepada Jokowi. Seluruh materi kampanye Surya Paloh selama satu pekan di Sulawesi termakna dari kehadirannya di kampanye Jokowi.

Diperkirakan 100.000 kader dan simpatisan NasDem ikut dalam kampanye tersebut. Massa NasDem yang membawa atribut Partai NasDem memenuhi jalan-jalan di Kota Makassar dan di tempat kampanye Lapangan Karebosi.

Kehadiran ratusan ribu kader NasDem pada kampanye Jokowi di Makassar itu merupakan salah satu bentuk show off kekuatan NasDem di Makassar. Sikap Surya Paloh tidak beranjak dari semboyan partai itu dalam Pemilu Serentak 2019 yakni: Jokowi Presidenku, NasDem Partaiku.

Melihat antusiasme masyarakat selama melakukan kampanye keliling Sulawesi dari selatan ke utara lalu kembali lagi ke selatan, Surya Paloh optimistis Jokowi-Ma’ruf Amin akan menang dan Partai NasDem masuk tiga besar hasil Pemilu 2019. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar