Politik Pemerintahan

Gelar Pentas Wayang 3 Meter

Seniman Sampurno Beri Ucapan Selamat pada Bupati dan Wakil Bupati Kediri

Hadi Sampurno, seniman asal Desa Gampengrejo, Kabupaten Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Hadi Sampurno, seniman asal Desa Gampengrejo, Kabupaten Kediri membuat pentas wayang jumbo dengan ukuran mencapai 3 meter. Pentas yang berlangsung di kediamannya sebagai bentuk ucapan selamat atas dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa.

“Sengaja wayang yang kita buat berbentuk tokoh Gatot Kaca dan Srikandi. Keduanya dibuat atas dasar kebanggaan sekaligus ucapan selamat untuk Bupati terpilih,” ujar Sampurno.

Hadi Sampurno sehari-hari berprofesi sebagai guru seni. Dia sengaja membuat wayang dengan berbentuk tokoh Gatot Kaca dan Srikandi. Keduanya dibuat atas dasar kebanggaan sekaligus ucapan selamat untuk Bupati terpilih.

Dia mengatakan, Gatot Kaca adalah tokoh pewayangan, sosok pemuda gagah dan menjadi pemimpin muda dengan karakter kesatria kuat dan bersahaja. Dia mengibaratkan sosok Hanindhito Himawan Pramana sebagai pemimpin muda masa kini, seperti Gatot Kaca pada jamannya.

Hadi Sampurno, seniman asal Desa Gampengrejo, Kabupaten Kediri

“Saya ambil Gatot Kaca, ibaratnya itu tokoh Mas Dhito, sebagai pemimpin yang kuat dan bersahaja. Apalagi beliau masih dalam usia muda, tentu kami harus bangga punya pemimpin baru yang masih muda,” terang Sampurno.

Tidak hanya untuk Bupati Kediri saja,  bersebelahan dengan Gatot Kaca, ada satu tokoh pewayangan yang lain yaitu Srikandi. Wakil Bupati Kediri, Dewi Maria Ulfa diibaratkannya sebagai tokoh Srikandi sebagai sosok pahlawan wanita yang kuat.

“Sebagai Srikandi, Mbak Dewi ini perempuan yang kuat dan berjuang sehingga diberi kepercayaan untuk menjadi pemimpin, jadi saya beri nama Srikandi Dewi,” terang Sampurno.

Sampurno juga bertindak seolah menjadi dalang dan memainkan kedua wayang jumbo bersama tiga karakter lainnya, yaitu Narodo, Bagong dan Petruk. Dengan sekilas dan seadanya, kisah yang diceritakan bertema Menggapai Matahari.

Tema tersebut diibaratkan semua orang yang memiliki cita-cita tinggi tetapi tidak berjuang semaksimal mungkin berusaha menggapainya. Dibuktikan banyaknya calon pemimpin baru tetapi pada akhirnya tetap satu yang bisa menggapai matahari, atau menjadi pemimpin yang sebenarnya.

“Sekarang pemimpin baru sudah dilantik, seperti Gatot Kaca dan Srikandi, Mas Dhito dan Mbak Dewi diharapkan bisa mensejahterakan  masyarakat Kabupaten Kediri, senang, hidup sejahtera dan berkecukupan. Kediri Bersemi, Gemah Ripah Loh Jinawi,” tutur Sampurno Hadi.

Sampurno mengaku, membuat wayang berukuran besar karena memang sudah menjadi ciri khas dirinya sebagai seorang seniman. “Saya kan pelukis, sejak dulu senang melukis dengan ukuran besar. Biar beda dan lebih menarik,” pungkasnya. [nm/ted].



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Pizza Meat Lover Menu Berbuka Favorit Anak

Resep Rawon Iga Lunak Cocok untuk Berbuka

Pameran Lukisan Anak Berkebutuhan Khusus

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk