Politik Pemerintahan

Seniman eks-THR Sampaikan Aspirasi, Bambang: Pemerintah Harus Perhatikan Mereka

Bambang Harjo memberikan bantuan kepada para pekerja seni eks-THR Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Mantan anggota DPR RI yang juga pengusaha transportasi laut, Bambang Harjo menampung aspirasi dan keluh kesah dari sekitar 25 orang pekerja seni eks-THR Surabaya.

Mendapat keluhan pekerja seni, mantan Cabup Sidoarjo ini langsung mendatangi rumah seniman di kawasan Ambengan Surabaya, Sabtu (13/2/2021) untuk memberikan bantuan uang dan sembako. Di rumah tersebut, sudah berkumpul 25 orang pekerja seni.

“Saya mendapatkan keluhan dari pekerja seni yang sudah lama tidak beraktivitas atau melakukan pagelaran. Biasanya seminggu bisa dua kali mereka tampil. Pada musim pandemi Covid-19 sekarang ini, mereka harus istirahat. Pemerintah harus memfasilitasi mereka untuk mendapatkan bantuan sembako. Ini karena kegiatan vakum dan pendapatan seniman tidak ada,” kata Bambang Harjo kepada wartawan.

“Jika tidak diperhatikan, dikhawatirkan mereka akan bubar. Seni ini penting sekali untuk andalan pariwisata Surabaya. Hiburan rakyat harus tetap ada,” imbuhnya.

Bambang mengusulkan pagelaran atau pertunjukan seni tetap bisa dilakukan secara virtual, seperti streaming melalui Youtube atau tampil di TVRI. Sehingga, diharapkan mereka para pekerja seni tetap bisa eksis.

Pihaknya juga mengusulkan kepada walikota dan wakil walikota terpilih, Eri Cahyadi-Armudji, agar menjadikan lokasi THR (Taman Hiburan Rakyat) tetap sebagai kampung seni, dan tidak dialihkan peruntukkannya untuk kepentingan bisnis lain.

PT Dharma Lautan Utama (DLU) Group, lanjut dia, juga akan mengajak teman-teman pengusaha yang lain untuk membantu apa saja kesulitan para pekerja seni di Surabaya

“Dari 70 pekerja seni, hanya delapan orang yang mendapatkan tempat tinggal di apartemen. Seharusnya difasilitasi pemerintah, karena mereka sudah puluhan tahun berkontribusi memberikan hiburan kepada warga Surabaya,” tukas Bambang yang juga Penasehat Perusahaan PT DLU ini.

Koordinator Seniman eks-THR, Denny Wijaya mewakili rekan-rekannya mengucapkan terima kasih kepada Bambang Harjo karena memiliki ide untuk mengangkat kesenian yang sudah vakum.

“Apa yang disuarakan, kami berharap bisa didengarkan dan direspon pemerintah. Kami harap para pekerja seni bisa eksis kembali. Cita-cita ini bukan untuk kepentingan pribadi, tapi untuk regenerasi pekerja seni ke depan. Agar kesenian tidak punah di Surabaya. Mudah-mudahan saja, pekerja seni bisa bangkit kembali berkesenian dan pemerintah mendengarkan aspirasi kami ini,” tuturnya. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar