Politik Pemerintahan

Sengketa Pileg, KPU Surabaya Segera Hitung Ulang Perolehan Suara

Surabaya (beritajatim.com) – KPU Kota Surabaya memastikan diri siap untuk melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Pileg 2019. MK memtuskan agar PSSU atau Penghitungan Surat Suara Ulang untuk 3 TPS.

Ketiganya adalah TPS 50 Kelurahan Simomulyo Baru Kecamatan Sukomanunggal serta TPS 30 dan 31 Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan.

“Hingga kini KPU Surabaya masih menunggu instruksi KPU RI melalui KPU Prov Jatim. Tadi malam KPU jatim juga langsung koordinasi dengan KPU RI,” kata Komisioner KPU Surabaya, Soeprayitno.

Terkait waktu pelaksanaan PSSU, pria yang akrab disapa Nano itu memastikan hingga saat ini pihaknya masih menunggu instruksi lebih lanjut. “Pada dasarnya KPU Surabaya siap menjalankan putusan MK. Karena kotak 3 TPS yg dimaksud ada di gudang. Namun untuk waktu pelaksanaan, kita menunggu instruksi KPU RI lewat KPU Jatim,” bebernya.

“Jumat besok KPU Surabaya rapat tentang teknis Penghitungan Surat Suara Ulang yang rencananya digelar Sabtu dan dihadiri KPU RI,” tambah Nano.

Sebagai informasi, perkara hitung ulang ini berawal dari sengketa internal Partai Golkar antara Pemohon Agung Prasodjo Caleg nomor urut 4 dengan Aan Ainur Rofik Caleg nomor urut 1.

Dalam pertimbangan hukumnya, MK merujuk pada Keterangan Bawaslu dan adanya putusan BAWASLU No. 53 tgl 22 Mei 2019.

Terkait dengan Putusan Bawaslu, MK menyatakan bahwa terhadap putusan Bawaslu yang berimplikasi terhadap perubahan perolehan suara pasca penetapan perolehan suara secara nasional haruslah dikesampingkan. Hal ini karena segala sesuatu yang menyangkut atau berimplikasi kepada perolehan suara setelah penetapan secara nasiona menjadi kewenangan MK. [ifw/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar