Politik Pemerintahan

Sendirian, Caleg Gerindra Ini Kalahkan Gabungan Suara 9 Partai

Jember (beritajatim.com) – Muhammad Fawait, calon legislator DPRD Jawa Timur dari Partai Gerindra, menjadi calon legislator paling populer di Kabupaten Jember dalam pemilu 2019.

Hal ini terungkap dari hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilu yang digelar Komisi Pemilihan Umum Jember, di Hotel Aston, 28 April – 2 Mei 2019.

Alumnus Universitas Airlangga itu meraih 185.938 suara, terbanyak dibandingkan perolehan suara masing-masing caleg DPR RI, DPRD Jatim, dan DPRD Jember. Total jumlah caleg di Jember mencapai 650 orang.

Jumlah suara pemilih untuk DPRD Jatim yang mencoblos Fawait lebih besar daripada pemilih yang mencoblos tanda gambar Gerindra. Tanda gambar Gerindra hanya dicoblos 68.792 orang.

Bahkan, perolehan suara Fawait seorang diri mampu mengalahkan akumulasi total suara sembilan partai politik dalam pemilihan anggota DPRD Jatim. Gabungan sembilan partai yang dikalahkan itu adalah Demokrat, Perindo, Partai Amanat Nasional, Partai Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia, Hati Nurani Rakyat, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia. Jumlah total gabungan suara mereka adalah 175.355 suara.

Besarnya perolehan suara Fawait membuat Gerindra menjadi partai yang memperoleh suara terbanyak untuk pemilihan anggota DPRD Jatim di Jember. Partai ini meraup dukungan 314.303 suara, dan 59,15 persen berasal dari suara Fawait. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar