Politik Pemerintahan

Sempat Terdampak Covid-19, Layanan Uji KIR Dibuka Kembali

Petugas melakukan pengujian kendaraan. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo kembali membuka pelayanan uji KIR sejak awal bulan Juni lalu. Sejak dibuka, antrian puluhan kendaraan terlihat di tempat pengujian. Kepala Dishub Ponorogo Djunaedi menyebut pada awal dibukanya pelayanan ini, antusiasme masyarakat yang ingin uji KIR sangat tinggi.

“Pada awal dibuka tanggal 6 Juni lalu, jumlah peserta uji KIR membludak, petugas melayani hingga hingga ratusan kendaraan,” kata Djunaedi, Kamis (25/6/2020).

Dia memaklumi membludaknya peserta uji KIR ini, sebab sudah kurang lebih tiga bulan pihaknya menutup pelayanan ini. Itu terjadi lantaran adanya kasus positif Covid-19 di bumi reyog. Kali ini, setelah lebih 15 hari pembukaan pelayanan, jumlah pesertanya hanya puluhan. “Kami cek kemarin itu ada 56 kendaraan yang melakukan uji KIR. Kami membatasi penanganan maksimal 150 kendaraan saja,” katanya.

Jika yang daftar ada 200 kendaraan, Djunaedi menyebut 150 kendaraan dikerjakan. Dan sisanya kembali lagi besoknya untuk melanjutkan uji KIR yang belum tersebut. Dia mengaku tidak menambah petugas untuk pelayanan Uji KIR meski pesertanya banyak. “Kami SDM-nya terbatas, sehingga yang dilakukan adalah memaksimalkan pelayanan yang ada selama ini,” katanya.

Karena ada penangguhan kurang lebih tiga bulan, Dishub Ponorogo tidak akan mengenakan denda atau biaya apapun yang dibebankan ke peserta uji KIR. Karena sesuai komitmen awal, mereka yang jatuh temponya saat pandemi tidak akan ada sanksi atau denda. Saya optimis dengan animo masyarakat yang tinggi, target Rp 1,7 miliar bisa tercukupi di tahun anggaran ini,” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar