Politik Pemerintahan

Selesaikan Pendataan SDGs, Gus Menteri Beri Piagam Penghargaan 170 Desa di Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri, menyambangi salah satu Desa Inovasi di Lamongan, yakni Desa Kendal Kecamatan Sekaran, Sabtu (5/6/2021). Setibanya di Desa Kendal, Gus Menteri langsung meninjau BUMDes, Kawasan Bahagia Taman Mahoni (KBTM) Kendal.

Turut hadir mendampingi Gus Menteri di antaranya Bupati Lamongan, Wabup, Ketua DPRD Lamongan, Jajaran Forkopimda, dan Koordinator Tenaga Ahli (TA) Pemberdayaan Masyarakat (PM) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Lamongan.

Di tempat itu, Gus Menteri menyerahkan piagam penghargaan secara simbolis kepada 11 desa yang telah menuntaskan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Data Desa. Dalam arahannya, ia memberi apresiasi kepada desa-desa yang sudah menyelesaikan pendataan SDGs Desa. Diketahui, di Kabupaten Lamongan sekitar 170 Desa telah menyelesaikan proses pendataan SDGs Desa sebelum tanggal 1 Juni 2021.

11 Desa yang menerima piagam penghargaan secara simbolis tersebut berasal dari 2 Kecamatan. Untuk Kecamatan Sekaran di antaranya Desa Sekaran, Bulutengger, Siman, Sungegeneng, Kebalankulon, Porodeso dan Kendal. Sedangkan untuk Kecamatan Maduran di antaranya Desa Ngayung, Gedangan, Parengan dan Pangkatrejo.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Menteri mengapresiasi inovasi yang dilakukan Desa Kendal melalui pemanfaatan Dana Desanya. Di desa ini terdapat KBTM yang juga disebut Taman Edu-sport karena di dalamnya tersedia berbagai fasilitas untuk edukasi, literasi, berwisata dan olahraga seperti arena untuk event motorcross.

“Saya bahagia banget hari ini. Jika masuk desa terus ada inovasi di desa, rasanya ingin hidup seribu tahun lagi. Di sini lengkap, ada kafe literasi, tempat baca, dan ruang bebas wifi. Agar orang tetap bisa bersosial secara langsung,” ujar Doktor Honoris Causa dari UNY tersebut.

Lebih lanjut Gus Menteri juga meminta, Para Kepala Desa untuk senantiasa merancang pembangunan desa dengan merujuk pada SDGs Desa, agar tepat sasaran dan bisa mensejahterakan warga desanya. Menurutnya, peran data sangat penting, karena juga berpengaruh pada akurasi kebijakan.

“Saya yakin, kalau data ini sudah lengkap, Pak Bupati akan memiliki suatu hal yang luar biasa bagusnya untuk menyusun RPJMD. Tadi saya ngobrol dengan Pak Bupati, saya senang, dan biasanya kalo saya senang Pak Kades juga senang. Tadi Pak Bupati juga bilang, akan memprioritaskan pembangunan Jalan Poros Desa,” terang Cicit dari pendiri NU, KH Bisri Syamsuri itu.

Menteri yang merupakan kakak kandung dari Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tersebut juga berharap, seluruh desa bisa menggenjot pendataan SDGs Desa. Dengan data yang valid dan akurat tersebut, sehingga ke depan pembangunan ini bertumpu pada kondisi masalah yang memang nyata dihadapi oleh desa, mulai dari pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.

Tak ketinggalan, Gus Menteri juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lamongan, yang telah memberi perhatian penuh dan bersinergi dengan Desa serta BUMDes. “Saya sampaikan terimakasih kepada kepada Kepala Desa Pokja Pendataan Desa, Pendamping Desa (PD-PLD), TA, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan dan semua masyarakat Lamongan,” kata Gus Menteri.

Saat diwawancarai, Gus Menteri ini juga membahas tentang BUMDesa secara mendalam. Ia menegaskan bahwa keberadaan BUMDesa tidak boleh menjadi pesaing dari usaha-usaha warga desa yang sudah ada. Hal tersebut supaya tidak menjadi kompetitor bagi usaha yang dijalankan warga desa. “Pada intinya BUMDesa harus mencari inovasi-inovasi yang bisa memfasilitasi perekonomian, kebutuhan, atau usaha-usaha dari warga desa yang sudah ada, tidak malah jadi pesaing.” pungkasnya

Sebelumnya, diinformasikan Gus Menteri juga menyempatkan diri menghadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan NU Center di Desa Plosowahyu, dan melayat ke kediaman Almarhum H Fadeli, mantan Bupati Lamongan, di Kelurahan Tlogoanyar Lamongan. [riq/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar