Politik Pemerintahan

Seleksi Pejabat Eselon II Pemkot Surabaya, Hendro Gunawan: Harus Berintegritas dan Profesional

Hendro Gunawan (baju biru) bersama Eri Cahyadi

Surabaya (beritajatim.com) – Sekretaris Kota, Hendro Gunawan memastikan proses seleksi Pejabat Eselon II di tubuh Pemkot Surabaya berjalan profesional.

Hari ini (26/8), proses tersebut kembali dilanjutkan. Sebelumnya, tahapan proses seleksi tersebut sudah dilakukan untuk mencari posisi Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya.

’’Iya. Tahapan tetap kita lakukan. Kemarin selesai Dinas Kebakaran, hari ini untuk Dinas Kominfo. Setelah itu Kepala Inspektorat,’’ terang Hendro.

Ia mengatakan, seluruh proses seleksi dilakukan oleh Tim Pansel. Menurut Alumnus Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), tim Pansel akan menseleksi sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Sesuai dengan UU No.5 Tahun 2014, tentang Aparatur Sipil Negara proses rekrutmen meliputi beberapa parameter. Diantaranya, pengetahuannnya tentang tupoksi pemerintahan, kemudian dedikasi dan loyalitas, integritas dan rekam jejaknya.

Profil pendaftar dari lingkungan ASN Pemkot benar-benar diteliti. Termasuk posisi Kepala Inspektorat.’’Integritasnya harus baik, profesional. Nanti juga akan disesuaikan dengan spesifikasi,’’ kata Hendro.

Diketahui, proses rekrutmen pemilihan Kepala Dinas, dan Camat kali ini dilakukan secara terbuka. Itu dilakukan paca ditetapkannya Perda Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Jabatan dalam penempatan harus memalui seleksi terbuka setingkat eselon dua atau pejabat tinggi pratama, seperti kepala dinas maupun kepala badan.

Namun sebelum proses seleksi dilakukan, pemerintah kota membentuk panitia seleksi yang terdiri dari 3 unsur, meliputi, pemerintah kota, independen dan pemerintah provinsi. “Harapannya, terlaksananya prinsip the right man and the right place (penempatan sesuai kompetensinya),” terang pejabat yang digadang-gadang akan maju Pilwali Surabaya 2020 mendatang ini.[ifw/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar