Politik Pemerintahan

Selamat Tinggal Bina Desa

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Malang resmi menggantikan program bakti sosial menata desa (Bina Desa) dengan program baru bernama, yakni Gerakan Membangun Desa alias Gema Desa.

Bagi warga Kabupaten Malang, Program Bina Desa sudah tak asing lagi. Program turba atau turun ke bawah menemui masyarakat pedesaan dengan segudang problematiknya, digagas oleh Rendra Kresna. Bupati Malang yang kini tersandung kasus korupsi di KPK.

Untuk pertama kalinya, kegiatan Gema Desa dimulai dari Kecamatan Turen. Ada lima desa yang menjadi sasaran, diantaranya Desa Sawahan, Undaan, Gedog Wetan, Sanankerto dan Sananrejo.

Gema Desa ini dipimpin langsung oleh Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi. Gema Desa merupakan salah satu upaya Pemkab Malang untuk percepatan pembangunan daerah. Hal itu juga sesuai tiga prioritas pembangunan, menurunkan angka kemiskinan, optimalisasi sektor pariwisata dan memperkuat daya dukung lingkungan hidup.

Saat menjalankan kegiatan Gema Desa di lima desa di Kecamatan Turen, Sanusi menyampaikan bahwa potensi yang ada harus lebih dikembangkan lagi. Menurut Sanusi, hal itu juga selaras dengan nawa cita Presiden Jokowi, membangun bangsa dari pinggiran.

“Seperti pada lima desa yang kita kunjungi, Undaan punya kolam pemandian dan kolam ikan, perlu dikemas agar layak jual dan menjadi tempat wisata desa,” tutur Sanusi, baru-baru ini.

Pria yang kini menginjak usia 58 tahun itu menambahkan, bantuan modal dari perbankan juga sangat dibutuhkan untuk mengembangkan potensi di desa.

“Potensi Gedog Wetan, ada peternakan sapi dan pengusaha tahu. Namun terkendala kekurangan modal, akan dibantu melalui kredit usaha senilai Rp 1 Miliar oleh Bank Jatim dengan bunga 7 persen per tahun,” imbuhnya.

Di sisi lain, bicara mengenai potensi pariwisata, Sanusi mengatakan bahwa di Kecamatan Turen saat ini telah memiliki desa wisata Sanankerto yang sudah lumayan dikenal khalayak luas. Disamping itu, potensi desa yang lain juga cukup menjanjikan.

“Harapannya, lahir sebuah potensi unggulan layaknya Boonpring di Desa Sanankerto. Kecamatan Turen ini sangat komplek dan potensinya banyak sekali antara lain pertanian, peternakan serta industri baik berbasis perorangan dan kelompok. Tadi di Sawahan juga terdapat kelompok peternak bebek berkembang pesat, namun tetap harus terus didorong agar semakin maju. Gedog Wetan dengan industri sangkar burung dan pandai besi yang sudah dipasarkan hingga luar kota,” tutup politisi PKB tersebut. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar