Politik Pemerintahan

Selama PPKM Darurat, Mal di Kota Malang Tutup 2 Pekan

Wali Kota Malang, Sutiaji (putih) mengumumkan PPKM Darurat.

Malang (beritajatim.com) – Wali Kota Malang Sutiaji mengumumkan hasil dari rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,Luhut Binsar Pandjaitan bahwa wilayahnya masuk dalam daftar daerah yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3 hingga 20 Juli 2021.

Salah satu item poin yang akan dijalankan adalah penutupan kegiatan perbelanjaan di mal. Seluruh mal di Kota Malang akan ditutup hingga 2 pekan ke depan. Hanya supermarket, toko klontong, pasar tradisional dan tempat yang menyediakan kebutuhan pangan boleh buka. Tapi, dengan jam operasional maksimal pukul 20.00 WIB. Termasuk pelaku UMKM atau pedagang kaki lima (PKL).

 

“Mal ini sementara tutup selama 14 hari. Lalu seluruh aktifitas berhenti sampai pukul 20.00 WIB. PKL, Supermarket itu sudah harus tutup jam 20.00 WIB. Maka sebagai antisipasi, kami akan berikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak, khususnya untuk PKL dan seterusnya,” kata Sutiaji, Kamis (1/6/2021).

Sutiaji mengatakan, Pemkot Malang pada akhirnya setuju dengan keputusan pusat soal PPKM Darurat karena akan diterapkan secara nasional tetapi di awali dari Jawa-Bali.

“Maka kami selaku kepala daerah apa yang diputuskan oleh pusat dan ternyata sesuai dengan apa yang menjadi keinginan kami. Bahwa pemberlakuan PPKM Darurat itu secara Nasional tapi di awali dari Jawa dan Bali secara serentak,” ujar Sutiaji.

Sutiaji juga akan memperketat penjagaan di sejumlah perbatasan Kota Malang untuk menghindari transmisi penyebaran Covid-19 dari daerah lain. Secara teknis semuanya akan diatur dalam rapat koordinasi bersama Gubernur Jatim, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya.

“Maka mau tidak mau itu harus kita laksanakan karena ini berkaitan dengan masalah pengendalian penyebaran Covid-19 yang dirasa mengalami fluktuatif dan mudah-mudahan dengan kebijakan ini, kita mampu mengendalikan itu,” tandasnya. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar