Politik Pemerintahan

Sekda Siap Terima Sanksi dari Bupati Jember Jika Prosedural

Mirfano

Jember (beritajatim.com) – Bupati Faida menjatuhkan sanksi disiplin berat berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun kepada Mirfano, Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur. Mirfano siap menerima sanksi itu, jika memang sudah sesuai prosedur.

“Tidak apa-apa, yang penting dilakukan sesuai aturan, saya tunduk dan patuh pada atasan,” kata Mirfano, Senin (25/1/2021). Ia mengingatkan, bahwa surat keputusan sanksi harus diproses dari Inspektorat kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Jember.

Mirfano tidak tahu apakah proses itu ada atau tidak. “Saya sudah cek ke BKPSDM. Dia tidak pernah proses sanksi tersebut, dan tidak ada register yang dikeluarkan untuk SK tersebut. Ini BKPSDM bagian mana dan Jember bagian mana,” katanya.

Selain itu, kata Mirfano, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, sanksi itu diberikan secara langsung, rahasia, dan tertutup. “Bukan dikirim kurir kemudian (surat) dilempar di depan rumah pejabat yang mendapatkan sanksi. Kebetulan rumahnya tutup. Ini kan nasib orang,” katanya.

Mirfano memilih berpedoman pada surat gubernur tertanggal 15 Januari 2021 yang menyatakan pembebastugasan lima pejabat tidak sah. “Itu saja yang harus dipatuhi sebenarnya,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar