Politik Pemerintahan

Sekda Ponorogo : Data Covid-19 bukan Rahasia, Disebarkan biar PPKM Mikro Efektif

Sekdakab Ponorogo Agus Pramono. [Foto/dok.beritajatim.com]

Ponorogo (beritajatim.com) – Terjerembabnya lagi Ponorogo ke status zona merah Covid-19, membuat Pemda setempat membuat kebijakan-kebijakan baru. Kebijakan itu tentunya untuk penanganan Covid-19 supaya lebih efektif. Salah satunya adalah dengan menyebarkan data warga yang positif sampai ke tingkat rukun tetangga (RT). Hal itu dilakukan, jika ada warga positif yang melakukan isolasi mandiri (isoman), warga lain bisa ikut memantaunya.

“Kebijakan ini sudah seizin Bupati dan Wakil Bupati. Bagi yang hasil rapid antigennya posit, datanya akan disebarkan ke kepala desa/lurah hingga sampai ke tingkat RT,” kata Sekda Agus Pramono, Jumat (25/6/2021).

Agus menyebut jika data pasien Covid-19, sekarang bukan data rahasia lagi. Data tersebut harus disebarkan. Penting ditingkat RT mengetahui siapa saja warganya yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). Sebab, warga yang rapid antigennya positif dan tidak bergejala, akan dilakukan isoman. Dengan mengetahui data covid-19 itu, RT bisa menerapkan PPKM skala mikronya. “Ambil contoh, ditingkat RT harus memantau si A yang menjalani isoman. Warga yang lain harus ikut mengawasinya,” katanya.

Agus juga memerintahkan camat untuk turun ke desa/kelurahan melakukan monitoring. Kendala apa yang dihadapi selama melakukan pemantauan bagi warga yang isoman. Untuk desa, sudah ada anggaran untuk warga yang melakukan isoman. Sementara untuk kelurahan, Agus menyebut pihaknya akan merumuskan formula terbaiknya. Sebab, seperti yang terjadi di Kelurahan Beduri di perumahan bumi citra praja, Pemda harus ikut bertanggungjawab terkait banyak warganya yang melakukan isoman.

“Kalau di desa ada anggarannya, sedangkan untuk kelurahan masih dirumuskan. Tetapi seperti di Kelurahan Beduri itu, Pemda harus ikut bertanggungjawab disitu,” katanya.

Kebijakan lainnya, Pemkab Ponorogo bakal kembali memberlakukan jam malam di seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo, mulai pukul 21.00 hingga 03.00 WIB. Selain itu juga akan dilakukan pemadaman penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan protokol di dalam kota. “Kita kembali melakukan pemberlakuan jam malam dan pemadaman lampu PJU di jalan-jalan protokol dalam kota,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar