Politik Pemerintahan

Sekda Malang Instruksikan Satpol-PP Awasi Status Tower BTS

Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat

Malang (beritajatim.com) – Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, mengintruksikan agar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk memperketat pengawasan bangunan tower Base Transceiver Tunggal (BTS) yang tidak berizin atau di duga Ilegal.

“Kalau memang tidak berizin, kita (Pemkab Malang, red) harus tegas, karena bangunan tower BTS itu sangat rawan,” tegas Wahyu saat ditemui awak media, di Peringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim no.7, Kota Malang, Senin (5/4/2021).

Kata Wahyu, seharusnya pengerjaan bangunan tower BTS itu dimulai dari perizinannya terlebih dahulu, setelah itu baru pengerjaan bangunannya.

“Biasanya masyarakat tidak tahu, tiba-tiba bangunan tower sudah tinggi, dan pihak pelaksana baru minta izin ke warga,” ujarnya.

Wahyu menuturkan, dimungkinkan terjadi di Desa Wonokerto, Bantur. Dengan begitu, Pemkab Malang secara tegas akan menindak bangunan tower BTS di Kabupaten Malang yang tidak berizin.

“Kalau yang di Batur itu, kami perketat pengawasannya, apalagi dekat dengan permukiman warga. Ini paling rawan, dikhawatirkan berdampak pada masyarakat sekitar,” terangnya.

Masih kata Wahyu, dirinya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Malang untuk ikut melakukan pengawasan pembangunan tower baru, jika ditemukan tidak berizin, pihaknya mempersilahkan untuk lapor ke Pemkab Malang.

“Masyarakat bisa mempertanyakan langsung, masyarakat lah yang lebih tahu. Karena masyarakat yang pertama untuk dimintai tandatangan untuk salah satu persyaratan pengurusan izin,” tandasnya.

Sebagai informasi, bangunan tower Base Transceiver Tunggal (BTS), yang memiliki tinggi kurang lebih mencapai 50 meter tersebut berdiri kokoh di dekat pemukiman warga di Desa pada Wonokerto, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Bangunan BTS tersebut ditengarai tidak memiliki izin. Lantaran pemilik rumah yang berada persis di sebelah selatan dari tower merasa tidak pernah memberikan izin, baik secara lisan maupun tertulis. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar