Politik Pemerintahan

Sekda Jember: 12 Ribu PNS Berharap Perbaikan Tata Kelola Pemerintahan

Sekda Jember Mirfano

Jember (beritajatim.com) – Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Mirfano meminta kepada Bupati Faida agar tidak meragukan loyalitasnya sebagai bawahan. Dia justru berharap ada perbaikan tata kelola pemerintahan.

Sebelumnya, menurut Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, dalam rapat mediasi di kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta tempo hari, Bupati Faida menuduh Mirfano berpolitik dan ingin menjadi bupati dalam pemilihan kepala daerah.

“Sekda berpolitik iya, tapi politik dalam persepektif kiat berpemerintahan dan persepektif urusan publik, bukan dalam perspektif kekuasaan. Jadi Ibu Bupati tidak usah khawatir. Saya tidak ikut dalam kontestasi pilkada,” kata Mirfano kepada beritajatim.com, Rabu (8/7/2020).

“Yang penting 12 ribu PNS berharap agar ada perbaikan tata kelola pemerintahan, (agar) bisa berjalan normal sesuai aturan, ada kejelasan karir, perbaikan kesejahteraan dan sistem merit dijalankan,” kata Mirfano.

Rapat mediasi di Kemendagri digelar, Selasa (7/7/2020), untuk membahas dua permasalahan di Jember yang saling terkait, yakni carut marut birokrasi dan belum disahkannya peraturan daerah mengenai anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun ini. Pembahasan Perda APBD terhenti, setelah DPRD Jember mempertanyakan komitmen pemkab untuk mematuhi dan melaksanakan surat rekomendasi Mendagri tertanggal 11 November 2019.

Sebagaimana diberitakan, tim Mendagri yang turun ke Jember tahun lalu menemukan fakta adanya kebijakan terkait mutasi dan Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, dan Fungsi serta Tata Kerja (KSOTK) organisasi perangkat daerah (OPD) yang berdampak terhadap birokrasi. Dampak itu antara lain terhambatnya rencana kenaikan pangkat 711 PNS karena tidak terintegrasinya nomenklatur jabatan dengan SAPK (Sistem Aplikasi Kepegawaian) dan kehandalan sistem e-formasi pada BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia) Kabupaten Jember tidak termutakhirkan dan tidak terintegrasi. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar