Politik Pemerintahan

Sekda Dilantik, Duet Kepemimpinan Perempuan di Bojonegoro

Pelantikan Sekda Bojonegoro, Nurul Azizah

Bojonegoro (beritajatim.com) – Setelah sekian lama kosong, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro akhirnya terisi. Kekosongan jabatan sekda sejak Soehadi Moeljono mengundurkan diri karena mencalonkan kepala daerah pada pemilu 2018 lalu.

Sebelumnya jabatan sekda diisi oleh Penjabat (PJ) Sekda Yayan Rohman. Yayan menjabat selama 15 bulan terhitung sejak Maret 2018 hingga Juli 2019. Sesuai dengan regulasi seharusnya jabatan PJ hanya boleh diisi selama tiga bulan dan bisa diperpanjang selama enam bulan.

Atas dasar Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah yang menyebut bahwa jabatan PJ Sekda hanya boleh selama tiga bulan dan masa perpanjangan enam bulan, Pemprov Jatim kemudian melantik PJ Abimanyu Ponco Atmojo sebagai ganti Yayan Rohman.

Abimanyu yang juga Kepala Bakorwil Bojonegoro menjabat sejak Juli 2019 hingga kemarin (28/10/2019) setelah Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah melantik Nurul Azizah sebagai Sekda Bojonegoro. Nurul Azizah sebelumnya merupakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro yang lolos dalam tes dan mendapat nilai tertinggi dari tujuh kandidat sekda lainnya.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengatakan, pelantikan Sekda Bojonegoro ini merupakan upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Sekda, lanjut dia, merupakan pejabat yang mengusulkan pembinaan pegawai, sedangkan Bupati adalah selaku pejabat pembina kepegawaian.

“Jadi ini adalah upaya untuk melakukan yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan tantangan untuk meningkatkan profesionalitas ASN,” ujarnya.

Sementara Nurul Azizah mengatakan, usai dilantik sebagai sekda ini pihaknya mengaku akan melakukan kinerja sesuai dengan aturan yang ada dalam menjalankan program kepala daerah. “Siap mendukung kebijakan Bupati dan Wakil Bupati,” ujarnya dilakukan di ruang Angling Darma Pemkab Bojonegoro. [lus/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar