Politik Pemerintahan

Sekda Agus Pramono Merangkap Plt Kadinkes, Tugas Pertama Realisasi Zero Pasung

Sekda Agus Pramono yang juga ditunjuk sebagai Plt. Dinkes Ponorogo (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Usai ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo oleh bupati, Sekda Agus Pramono mulai ngantor di Gedung Terpadu Jalan Basuki Rahmat. Mantan pejabat Pemkab Madiun itu, pada hari Jumat (4/6) memanggil bawahannya di Dinkes, yakni sekretaris dan para kepala bidang (kabid) untuk melakukan koordinasi.

“Seluruh kegiatan harus berjalan. Sewaktu-waktu saya yang menemui sekretaris dan para kabid ke kantor Dinkes atau mereka yang ke ruangan Sekda,” kata Agus Pramono sembari tersenyum, Jumat (4/6/2021).

Agus Pram sapaan Agus Pramono menceritakan tugas pertama usai diamanahi menjadi Plt. Kadinkes, yakni menyelesaikan program99 hari Bupati Sugiri Sancoko di bidang kesehatan. Salah satunya menuju Ponorogo zero pasung. Setelah melakukan koordinasi, dirinya menemukan sedikit kendala untuk pelaksanaan zero pasung. Namun, tentunya kendala itu akan segera dicarikan solusinya. Salah satunya adanya pembebasan pasung yang bernasis masyarakat. Dimana ketika orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) itu dilepas, masyarakat sekitar bisa menerimanya.

“Beberapa kendala sudah saya carikan solusinya, kita akan lakukan edukasi kepada masyarakat,” katanya.

Sementara untuk ODGJ yang dilepaa dan membutuhkan perawatan di rumah sakit, dirinya akan mengkomunikasikan dengan Direktur RSUD dr. Harjono Ponorogo. Rumah sakit milik Pemkab tersebut, mengaku sudah menyiapkan 10 ruangan untuk merawat ODGJ itu.

“Rencananya dalam waktu dekat, 10 ruangan itu bakal diresmikan,” katanya.

Sedangkan bagi ODGJ yang lepas pasung, harus dilakukan perawatan ke rumah sakit lain, misalnya RSJ Menur atau RSUD dr. Soeroto Ngawi. Agus menyebut bahwa pihaknya akan merujuk ke rumah sakit tersebut. Sebab yang terpenting dirinya bisa membantu bupati dalam program kerja 99 hari terselesaikan.

“Jika ODGJ yang lepas pasung itu harus dirujuk ke rumah sakit lain, ya akan kami lakukan,” pungkasnya. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar