Politik Pemerintahan

Sekarang Bayar Paspor Bisa Lewat Aplikasi Online

Kantor Imigrasi Kelas III Ponorogo Hendrya Widjaya.

Ponorogo (beritajatim.com) – Ponorogo menjadi salah satu daerah dengan pekerja migran terbanyak di Jawa Timur. Banyak warganya yang bekerja ke luar negeri seperti ke Korea Selatan, Jepang, Hongkong, Taiwan dan Timur Tengah.

Kantor Imigrasi Kelas III Ponorogo mencatat tahun 2017 untuk pembuatan paspor sebanyak 17.663 buku. Sedangkan pada tahun 2018 naik menjadi 19.831 buku paspor diterbitkan. Tingginya kepengurusan paspor tersebut, membuat kantor imigrasi di bumi reyog itu meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satunya dengan mempermudah proses pembayaran pakai aplikasi online.

”Sekarang bayar bisa lewat aplikasi online, seperti tokopedia, bukalapak. Dan bisa membayar dimanapun dan kapanpun,” kata Kantor Imigrasi Kelas III Ponorogo Hendrya Widjaya, Rabu (11/9/2019).

Hendrya menyebut kemudahan pelayanan pembayaran tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah 28 Tahun 2019 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kemenkumham.

”Adapun besaran biayanya yang diatur sesuai PP sebesar Rp 350 ribu, denda untuk paspor rusak Rp 500 ribu dan denda untuk paspor yang hilang Rp 1 juta,” katanya.

Hendrya mengungkapakan dengan kemajuan teknologi, semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Setelah pembayaran selesai, hanya memerlukan waktu tiga hari memprosesnya.

”Sekarang maksimal tiga hari setelah pembayaran langsung bisa diterbitkan,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar