Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Peringati HUT Korps Marinir ke-76

Sejumlah Purnawirawan TNI Komitmen Jaga Keutuhan NKRI

Malang (beritajatim.com) – Purnawirawan Marinir Wilayah Timur menggelar syukuran di Pantai Baruna Kondang Iwak, di Desa Tulungrejo Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Minggu (21/11/2021).

Kegiatan yang juga masih dalam serangkaian peringatan HUT Korps Marinir ke 76 tersebut, dihadiri oleh sejumlah purnawirawan TNI Angkatan Laut (AL).

Beberapa diantaranya adaah Ketua Purna Marinir Pusat, Mayor Jenderal (Mayjend) Purn Rusdi, Purnawirawan Marinir Wilayah Timur Kolonel Purn Boi F. Malonda, PasiOps Pangkalan Marinir (Lanmar) Surabaya, Komadan Puslatpurmar-4 Purboyo Letkol Marnir Sulistyo Ivan Nurcahyo, Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) Kabupaten Malang Kolonel Purn Sujangi.

Selain itu, sejumlah unsur yang mewakili Muspika Donomulyo dan Bantur juga turut hadir. Dalam kegiatan yang dikonsep ganyeng tersebut juga dihadiri oleh mantan orang nomor satu di Kota Malang, Peni Suparto.

“Ini satu bentuk komunikasi yang kami jalin. Dan bagaimanapun juga, beliau-beliau (Purnawirawan Marinir) ini juga telah berjasa di negeri ini. Tenaga, waktunya telah lebih dulu beliau abdikan untuk NKRI,” ujar Letkol Mar Ivan Nurcahyo, Minggu (21/11/2021).

Menurutnya, kondusifitas yang ada saat ini juga menjadi hal penting yang patut untuk dipertanggungjawabkan. Bukan hanya soal berkontrubusi dalam upaya memelihara ketahanan negara, namun juga dalam sisi sosial bermasyarakat dan juga lingkungan sekitar. Terutama di sekitar Puslatpurmar-4 Purboyo.

“Mungkin dapat dibilang beliau-beliau ini adalah orang-orang yang langsung berjuang di medan tempur saat itu, dan saat ini pun juga sudah menjadi tugas kita untuk memelihara dan mempertahankan apa yang sudah pernah beliau-beliau ini perjuangkan. Dan beberapa yang hadir dari unsur TNI dan POLRI, juga menjadi bukti nyata bahwa saat ini, terbentuk sinergitas yang membawa kita semua dalam kondusifitas saat ini,” tegas Letkol Mar Ivan Nurcahyo.

Sementara itu, Mayjend Purn Sunarko GA menjelaskan, iklim silaturahmi seperti itu setidaknya tetap bisa dipelihara. Meskipun memang secara fisik ia menyebut bahwa mungkin jajaran purnawirawan tidak bisa memberikan tenaganya untuk merawat keutuhan NKRI.

“Kita sudah pernah melewati masa itu. Dan hal ini perlu untuk dibanggakan, bahwa seperti yang disampaikan tadi, apa yang sudah pernah kami perjuangkan, saat ini dapat dijaga keutuhannya dan tetap dipertahankan. Secara fisik mungkin kami sudah tidak bisa, paling tidak jika tidak bisa menyumbang pikiran, kami bisa ceritakan pengalaman,” ujar Mayjen Purn Sunarko GA.

Hal senada juga disampaikan oleh Mantan Walikota Malang, Peni Suparto yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. Dirinya pun sempat menyatakan takjub dan bangga dengan melihat emblem Korps Marinir yang tertancap kokoh di salah satu batuan di Pantai Baruna Kondang Iwak.

“Meskipun sudah purna tugas, beliau-beliau purnawirawan ini tetap berkewajiban menjaga keutuhan NKRI meskipun sudah tidak aktif lagi menjadi prajurit. Hal itu sudah tertancap kokoh di hati mereka. Tapi dengan sumbangsih pikiran dan pengalaman itu tadi yang dapat mereka berikan,” Peni mengakhiri. (yog/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar