Politik Pemerintahan

Segmen Pemuda dan Pemilih Pemula Paling Banyak Diminati Relawan

Jember (beritajatim.com) – Pendaftaran Relawan Demokrasi (Relasi) yang dibuka Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, diminati 71 orang warga.

“Dari 71 pendaftar, diambil 55 orang,” kata Sugiono, koordinator pendaftaran Relawan Demokrasi KPU Jember. Pendaftaran dibuka sejak 10 Januari dan berakhir 15 Januari 2019 kemarin.

Ada sepuluh segmen masyarakat yang menjadi sasaran sosialisasi pemilu oleh para relawan itu nantinya. KPU Jember menyeleksi berkas dan disesuaikan dengan segmen pilihan masing-masing. Salah satu berkas adalah surat keterangan dari komunitas asal relawan.

KPU Jember langsung memilah para pendaftar sesuai segmen masing-masing tanpa ada wawancara. Pendaftar yang memiliki berkas paling lengkap, memiliki pengalaman menjadi penyelenggara pemilu, atau pernah mengikuti kursus demokrasi yang diprioritaskan. “Segmen yang paling banyak diminati adalah pemuda dan pemilih pemula yang membutukan tujuh relawan,” kata Sugiono.

Segmen pemilih berkebutuhan khusus membutuhkan tujuh orang relawan. Begitu pula segmen netizen dan segmen perempuan. Segmen disabilitas membutuhkan lima orang relawan, segmen keluarga membutuhkan empat relawan, segmen komunitas membutuhkan lima relawan, dan segmen keagamaan membutuhkan lima relawan. “Itu mendukung proses sosialisasi KPU Jember,” kata Sugiono. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar