Politik Pemerintahan

Sebulan Kampanye, Bawaslu Jember Nihil Tilang Protokol Covid

Dwi Endah Prasetyowati, Komisioner Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jember

Jember (beritajatim.com) – Kampanye pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sudah berjalan sebulan. Namun hingga saat ini belum ada pasangan calon yang terkena tilang oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember karena melanggar protokol Covid-19.

“Hingga kemarin belum ada laporan pelanggaran protokol Covid yang masuk,” kata Dwi Endah Prasetyowati, Komisioner Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jember, Selasa (27/10/2020).

Endah mengatakan, pihaknya memperketat imbauan pemberlakuan protokol Covid dan pencegahan dalam setiap kegiatan kampanye tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati. “Pada intinya kami sudah melakukan pencegahan,” katanya.

“Kawan-kawan di bawah memberikan pencegahan lebih awal agar setiap kegiatan selalu mematuhi protokol Covid, sehingga kawan-kawan tidak sampai mengeluarkan surat peringatan tertulis. Kalau membubarkan bukan ranah kami, itu ranah kepolisian,” kata Endah.

Sementara itu, secara nasional, data Bawaslu RI per 5 Oktober 2020, menunjukkan ada 48 kampanye dibubarkan dan 70 surat peringatan tertulis dikeluarkan karena adanya pelanggaran protokol Covid-19 dalam pemilihan kepala daerah tahun ini. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar