Politik Pemerintahan

Sebelum Akhiri Jabatan, Bupati Sambari Terima 2 Penghargaan

Gresik (beritajatim.com) – Sebelum mengakhiri jabatan sebagai Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto diganjar dua penghargaan Jer Basuki Mawa Beya dan Open Defecation Free (ODF) atau perilaku bebas buang air besar sembarangan di HUT ke 75 Provinsi Jawa Timur.

Apresiasi penghargaan itu, diberikan sendiri oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi.

Seperti diketahui, Bupati Sambari Halim Radianto mengakhiri jabatannya pada Februari 2020. Bupati dua periode itu, dibantu oleh Wabup M.Qosim yang saat ini mencalonkan diri di Pilkada Gresik.

Menurut Khofifah Indar Parawansa, penghargaan ini diberikan atas tenaga, pikiran dan jiwa raga yang selama ini diberikan kepada masyarakat.

“Jer Basuki Mawa Beya merupakan bagian dari kekuatan, persatuan hingga seluruh dedikasi, pengorbanan dan perjuangan bersama,” ujarnya, Senin (12/10/2020).

Terkait atas diraihnya ‘Open Defecation Free’ atau OFD. Hal itu karena Gresik terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemkab, Reza Pahlevi mengatakan, dua penghargaan ini terbilang istimewa karena sebagai bentuk pengakuan bahwa derajat kesehatan masyarakat Gresik telah mengalami peningkatan.

“Pemerintah beserta berbagai elemen telah berhasil merubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat. Sebelumnya masyarakat masih sering menjumpai masyarakat buang air sembarangan. Saat ini, tiada lagi masyarakat Gresik sudah membiasakan diri untuk buang air di WC,” urainya.

Selain itu lanjut dia, sanitasi yang saat ini dibangun sudah semakin sehat termasuk mengelolah makanan dalam rumah tangga serta pengelolaan limbah cair.

Di HUT Provinsi Jawa Timur, Pemkab Gresik juga melaksanakan upacara. Meski pesertanya dibatasi. Namun,
upacara tersebut diikuti oleh berbagai elemen dari aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Gresik, TNI Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik.

Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail bertindak selaku inspektur upacara. Upacara tersebut juga dihadiri Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Wakil Ketua DPRD Mujid Ridwan serta sejumlah forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda). [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar