Politik Pemerintahan

SBY Rancang Sendiri Desain Galeri Seni SBY-ANI

Pacitan (beritajatim.com) –  Museum SBY dan Galeri Seni SBY-ANI secara resmi dimulai proses pembangunannya. Tak banyak yang tahu, proses kreatif di balik pembangunan proyek destinasi wisata di ujung selatan Jawa Timur ini dilakukan langsung oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Direktur Museum SBY dan Galeri Seni SBY-ANI Ozy Dermawan pada proses seremonial peresmian, mengungkapkan jika SBY terlibat langsung dalam proses perencanaan.

“Perencaan ini merupakan buah pikir dan gagasan dari Bapak SBY kepada para arsitek yang terlibat,” ujarnya, Sabtu (22/02/2020),

Bangunan ini bakal memiliki dua sayap gedung. Di tengahnya ada taman yang indah. Terdapat pula 6 pilar sebagai representasi Presiden ke-6 NKRi. Lalu di atap, terdapat ukiran Buah Pace sebagai representasi Kabupaten Pacitan.

Terdapat pula ukiran Bunga Flamboyan yang merupakan simbol Ibu Ani Yudhoyono. Itu semua langsung didesain oleh Bapak SBY,” tambah Ozy.

Terkait lokasi, Ozy mengungkapkan jika lokasi yang dipilih sangat strategis. “Disini adalah lokasi museum, sangat strategis karena melintasi jalur lintas selatan (JLS). Tidak jauh pula dari destinasi wisata dan pusat kota.

Museum ini, lanjut Ozy akan memuat semua kisah hidup Presiden SBY. Dipastikan pula, semua dokumen negara yang dapat dipublikasikan, selama 10 tahun SBY memimpin Indonesia.

Sebagai informasi, dalam seremonial groundbreaking Museum SBY dan Galeri Seni SBY-ANI, nampak banyak tokoh bangsa yang hadir. Khususnya, para anggota Kabinet Indonesia Bersatu 1 dan 2.

Beberapa diantaranya adalah Wapres, di era SBY, Budiono dan Dahlan Iskan serta Chairul Tanjung. Turut hadir pula Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.(ifw/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar