Politik Pemerintahan

Saut: Siapa yang Nakal di Jember, Lapor KPK!

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (dok Humas Pemkab Jember)

Jember (beritajatim.com) – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Thony Saut Situmorang mengatakan, pemberantasan korupsi membutuhkan integritas pemimpin. Ia meminta agar Bupati Faida menjaga integritas.

Hal ini dikemukakan Situmorang, saat diwawancarai wartawan di sela-sela acara Roadshow KPK di Pendapa Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (30/8/2019). “Integritas itu terkait dengan kejujuran, keadilan, kebenaran, keberanian, kesederhanaan dan seterusnya. Ada sembilan nilai. Ibu (Bupati Faida) harus dijaga integritasnya, kejujurannya, keadilannya, kebenarannya, juga keberaniannya,” katanya.

Situmorang mengatakan, pembangunan integritas membutuhkan pemimpin. “Jangankan daerah. National leadership saja itu penting untuk membangun integritas bangsa Indonesia,” katanya.

Situmorang berharap masyarakat Jember berpartisipasi dalam upaya mencegah dan melaporkan tindak korupsi melalui nomor telepon 198. “Siapa yang jahat-jahat, siapa yang nakal-nakal, siapa yang ganggu-ganggu, beritahu KPK. Nanti kami lihat seperti apa kami bisa membantu,” katanya.

Situmorang sempat bertemu dengan Bupati Faida dan Wakil Bupati Abdul Muqit Arief, dan berdiskusi soal penyelamatan aset pemerintah. “Kami juga bicara pendapatan daerah, aparatur sipil negara, inspektorat, bicara e-planning, e-budgeting. Ada sejumlah rekomendasi yang harus kami minta dijalankan,” katanya.

Bupati Faida sendiri sepakat bahwa membangun integritas adalah kunci memberantas korupsi. “Kunci memberantas korupsi tidak ada lain. Bukan ditakut-takuti dengan ditangkap, karena buktinya juga tidak terlalu jera. Tapi membangun generasi berintegritas adalah kunci satu-satunya,” katanya. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar