Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Satu Peserta CPNS Ponorogo, Lakukan Tes SKD di Malaysia

Kepala BKPSDM Ponorogo Winarko Arief (foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, bukan hanya warga bumi reyog saja, peserta nya juga bisa dari luar daerah di Indonesia. Bahkan, warga Indonesia yang berada di luar negeri pun bisa mengikutinya.

Dengan fakta tersebut, sebagian peserta yang akan mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) nantinya, tesnya juga tidak harus di Ponorogo. Mereka bisa melakukan tes di kantor regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) terdekat dengan tempat asal peserta.

“Memang bisa, jadi peserta CPNS yang akan melakukan tes SKD, bisa melaksanakan tes di Ponorogo, bisa juga di luar Ponorogo,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo Winarko Arief, Selasa (28/9/2021).

Catatan dari BKPSDM Ponorogo, ada 19 lembaga salah satunya berada di luar negeri yang digunakan peserta CPNS Pemkab Ponorogo untuk tes SKD. Pesertanya kurang lebih ada 300 peserta.Jadwal tesnya pun tidak sama dengan jadwal tes yang berada di Ponorogo. Mereka menyesuaikan jadwal dengan tempat tesnya tersebut.

“Bagi yang tes di luar Ponorogo, bisa jadi mereka sudah melakukan tes SKD. Sudah kita buatkan surat perjalanan tes disana,” ungkap Winarko.

Dengan adanya surat perjalanan tes itu, memudahkan mereka untuk melakukan tes. Peserta untuk CPNS Ponorogo ini, ada yang melakukan tes di Medan, Serang, Bandung, Jogjakarta dan Makasar. Nantinya, mereka akan mengirimkan nilai tesnya.

“Ada satu peserta yang tesnya di luar negeri, yakni di Malaysia,” katanya.

Peserta yang di luar negeri itu tepatnya di kota kuching Malaysia. Petunjuj teknis, bagi peserta yang mengikuti tes di luar negeri, mereka melakukan tes di kedutaan atau di konsulat.

“Kalau di Kota Kuching itu tidak ada kantor kedutaannya, mungkin adanya kantor Konsulat, ya peserta nantinya tes disitu. Kami juga sudah melakukan koordinasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 3.541 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan  299 calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) non guru telah lolos seleksi administrasi pada rekrutmen yang diadakan oleh Pemkab Ponorogo. Setelah seleksi administrasi berhasil dilalui, mereka kemudian dihadapkan dengan tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD).

Kepala BKPSDM Winarko Arief mengungkapkan pelaksanaan tes SKD akan dilakukan pada bulan depan. Yakni selama 9 hari, mulai tanggal 8-16 Oktober 2021.

Seperti rekrutmen CPNS tahun sebelumnya, tahapan tes SKD ini, dilakukan di gelanggang olahraga remaja (GOR) Singodimedjo Ponorogo. Winarko menyebutkan dalam tes nanti, setiap harinya akan ada 3 sesi tes. Kecuali di hari jumat, hanya digelar sebanyak  2 sesi. Dalam satu sesi bakal diikuti oleh 150 peserta. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar