Politik Pemerintahan

Satu Anggota Positif Covid-19, Gedung DPRD Ponorogo di Lockdown

Suasana gedung DPRD Ponorogo pasca salah satu anggota dewan positif Covid-19. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Covid-19 masih menghantui masyarakat di bumi reyog. Terbukti dengan masih bertambahnya penderita virus yang berasal dari Wuhan China tersebut, yang hampir menyentuh angka 300 penderkta. Yang terbaru adalah satu anggota DPRD Ponorogo dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19. Kabar tersebut dibenarkan oleh Ketua DPRD Ponorogo Sunarto, bahwa ada satu anggota yang kemarin terkonfirmasi positif Covid-19.

“Memang ada satu yang positif, untuk nama atau anggota fraksi apa, maaf tidak bisa saya sampaikan. Yang jelas ada satu anggota yang positif,” kata Sunarto, Rabu (9/9/2020).

Dia menceritakan awalnya ada program rutin rapid test di DPRD. Dari 45 anggota dewan, yang melakukan rapid test sebanyak 44 orang. Hasilnya ada satu yang reaktif. Maka yang bersangkutan langsung dilakukan swab. “Hasilnya keluar kemarin, menyatakan yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya.

Setelah diketahui positif tersebut, Sunarto membuat kebijakan dilakukan swab untuk semua anggota DPRD. Dia menyebut jika hari ini dilakukan swab untuk dua komisi, sedangkan sisanya dilakukan swab keesokan harinya.

“Selama menunggu hasil swab ini, semua anggota dewan kami perintahkan isolasi mandiri, termasuk saya juga melakukan isolasi mandiri,” katanya.

Upaya yang dilakukan Sunarto itu sebagai bentuk mencegah sedini mungkin penyebaran Covid-19 di gedung dewan. Seluruh gedung dewan juga dilakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh. “Untuk sementara gedung dewan di lockdown,” katanya.

Sunarto menambahkan seluruh staf karyawan juga diinstruksikan untuk work from home (WFH) sementara. Selain itu juga akan dilakukan rapid test untuk mereka. Mengapa hanya rapid test? Sunarto menyebut bahwa staf karyawan itu tidak ada yang berkontak dengan anggota yang positif.

“Semoga hasil rapid maupun swabnya non reaktif. Kami saat ini masih menunggu hasil swabnya seperti apa. Baru nanti kami lakukan langkah-langkah selanjutnya,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar