Politik Pemerintahan

Satpol PP Razia Swalayan, Tak Patuhi Protokol Kesehatan Terancam Ditutup

Tuban (beritajatim.com) – Setelah adanya peningkatan jumlah warga Kabupaten Tuban yang telah dinyatakan positif Covid-19 serta jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang juga terus bertambah, petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tuban menggelar razia ke sejumlah Swalayan dan Mini Market, Kamis (28/5/2020).

Razia tersebut dilakukan oleh Satpol PP Tuban untuk melakukan kontrol bagaimana penerapan protokol kesehatan di dalam kegiatan swalayan dalam melakukan aktivitasnya. Petugas mengancam akan menindak tegas jika terdapat swalayan maupun mini market yang tidak menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, kegiatan razia tersebut dilaksanakan dengan mendatangi sejumlah swalayan yang ada di Kota Tuban. Yakni yang menjadi sasaran utama adalah Bravo dan Samudra yang selama ini menjadi pusat perbelanjaan bagi warga masyarakat Kabupaten Tuban.

Dalam kegiatan razia kali ini, petugas Satpol PP memeriksa kelengkapan protokol kesehatan yang diterapkan untuk melayani pembeli. Seperti halnya penerapan jaga jarak dalam antrian saat membayar di kasir, ketersediaan tempat cuci tangan, serta pengecekan suhu badan bagi warga yang akan masuk tempat belanja tersebut.

“Hari ini sudah kita mulai lakukan penertiban untuk di toko-toko modern maupun swalayan yang ada di Kota Tuban. Kita sekarang sudah tidak main-main lagi, kalau yang tidak mematuhi protokol kesehatan akan kita tertibkan,” terang Heri Muharwanto, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Tuban yang langsung memimpin razia itu.

Heri menjelaskan, bahwa selama ini pihaknya telah melakukan berbagai himbuan kepada para pengelola tempat-tempat perbelanjaan tersebut memenuhi protokol kesehatan. Hal tersebut adalah untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban yang jumlahnya terus meningkat.

“Selain menerapkan physical distancing, para pengunjung wajib menggunakan masker saat masuk ke swalayan dan itu menjadi tanggungjawab pengelola. Kalau ada yang tidak pakai masker harus diingatkan untuk pakai masker,” tambahnya.

Sementara itu, dari hasil razia kali ini petugas Satpol PP masih menemukan adanya salah satu mini market di Kota Tuban yang masih belum memasang batasan untuk jaga jarak di depan kasir serta pengunjung yang tidak memakai masker. Petugas langsung meminta pegawai mini market untuk langsung memasang batasan jaga jarak saat itu juga dan juga mendata penanggungjawab dari mini market tersebut.

“Untuk hasilnya di Swalayan semuanya sudah melakukan standart protokol kesehatan. Sewaktu-waktu kita akan kembali melakukan razia, jika ada yang kedapatan atau tertangkap tangan tidak menerapkan protokol kesehatan akan kita tindak tegas. Sanksinya bisa ditutup,” pungkasnya.[mut/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar