Politik Pemerintahan

Satpol PP Kota Mojokerto Pasang Papan Peringatan di Obyek Tak Miliki IMB

Petugas Satpol PP bersama DPMPTSP Kota Mojokerto melakukan penertiban bangunan tak memiliki IMB. [Foto : misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Penegakan Peraturan Daerah (Perda) terus dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto. Bersama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Atap (DPMPTSP), korps penegak Perda itu memasang papan peringatan.

Papan peringatan tersebut dipasang di lima bangunan yang tidak memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pemasangan papan peringatan tersebut dilakukan petugas pada Selasa (20/8/2019) kemarin. Hal tersebut dilakukan untuk menimbulkan efek jera.

Sekretaris Satpol PP Kota Mojokerto, Sugiono mengatakan, pemasangan papan peringatan tersebut berdasarkan Perda Nomor 5 Tqhun 2017 tentang Izin Mendirikan Bangunan. “Sebelumnya kita sudah melakukan pemantauan atau sidak,” ungkapnya, Rabu (21/8/2019).

Lantaran pemilik bangunan belum bisa menunjukkan izin mendirikan bangunan sehingga pihaknya melakukan tindakan. Jika pemilik tidak mengurus IMB dan tetap menempati bangunan tersebut, maka pihaknya akan bertindak tegas.

“Ini baru peringatan. Dengan ditancapkannya papan tersebut, masyarakat, terutama pemilik bangunan merasa malu sehingga mereka akan mengurus IMB. Kita juga akan kami memberikan surat peringatan susulan kepada pemilik,” katanya.

Jika pemilik bangunan masih tetap membandel, lanjut Sugiono, maka pihaknya akan membongkar bangunan tersebut setelah adanya perintah dari Walikota Mojokerto. Penertiban bangunan di Kota Mojokerto yang tak memiliki IMB akan dilakukan sesuai SOP.

“Yakni mengacu pada Permendagri setelah satu bulan setelah melayangkan surat peringatan sebanyak 3 kali. Mudah-mudahan masyarakat akan sadar, kita akan berikan masukan supaya kita tidak perlu melakukan pembongkaran,” tegasnya.

Kelima bangunan tersebut terdiri dari empat rumah dan satu rumah toko dengan alamat Jalan Muria Raya, Jalan Brawijaya, Jalan Meri dan Jalan Empu Nala, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar