Politik Pemerintahan

Satpol PP Kota Mojokerto Ancam Bongkar Bangunan Liar

Petugas dari Satpol PP Kota Mojokerto saat berada di salah satu bangunan liar. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto mengancam membongkar bangunan liar di sepanjang Jalan Sekar Putih, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Menyusul bangunan liar di jalur nasional tersebut mulai menjamur.

Selain terlihat kumuh, bangunan semi permanen yang mayoritas berada di bahu jalan ini rentan menyebabkan kecelakaan. Petugas akan memasang imbauan ke setiap bangunan liar yang berdiri di deretan bahu jalan tersebut. Imbauan ini sekaligus sebagai peringatan kepada masyarakat agar tidak mendirikan bangunan di atas saluran air.

Kepala Satpol PP Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para pemilik bangunan agar membongkar bangunannya sendiri. “Penertiban bangunan liar di sepanjang jalan tersebut sudah menjadi agenda kami karena lokasinya memang di bahu jalan dibangun sebagai lapak,” ungkapnya, Selasa (3/9/2019).

Pembongkaran puluhan lapak di kiri dan kanan jalan tersebut tak lain karena ada program pelebaran jalan yang mencapai 9 meter. Yakni, dari perempatan Sekar Putih hingga ujung batas Lingkungan Randegan, Kelurahan Kedundung yang berbatasan dengan Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

Sementara, tak hanya puluhan bangunan liar yang terancam dibongkar, juga ada bangunan Pos Satlantas Polres Kota Mojokerto tepat di perempatan Sekar Putih sisi selatan. Menurutnya, jika memang pelebaran jalan nantinya menyentuh pos polisi, maka mau tidak mau harus ada penggeseran.

“Secara otomatis digeser ke selatan. Tapi, teknisnya baiknya konfirmasi langsung kepada pihak berwenang. Untuk keberadaan bangunan liar, juga rentan terjadi kecelakaan karena jalan semakin sempit. Kalau pun nanti tidak dibongkar dari batasan imbauan, terpaksa kami bongkar paksa,” tegasnya. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar