Politik Pemerintahan

Satgas Pangan Sidak Pasar Gringging serta Penggilingan Beras di Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Satgas Pangan Kabupaten Kediri terus melakukan sidak pangan di berbagai wilayah. Hari ini sidak dilakukan di Pasar Gringging, Kecamatan Grogol serta penggilingan dan gudang beras di Kecamatan Banyakan.

“Sidak tersebut bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan keamanan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri,” kata Hary Mulyanto, Petugas Satgas Pangan Kabupaten Kediri.

Diakuinya, menjelang lebaran, konsumsi masyarakat akan kebutuhan daging sapi dan daging ayam meningkat. Untuk menindaklanjuti hal tersebut serta guna memastikan ketersediaan dan keamanan pangan dan kelancaran distribusi, juga stabilitas harga pangan di masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri, Tim Satgas Pangan Kabupaten Kediri mengadakan sidak.

Tim terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian dan Pekebunan, Dinas Kesehatan, Polisi, TNI, Bulog Divre Kediri, Bagian Perekonomian, Bagian Hukum dan DPMPTSP Kabupaten Kediri.

Untuk hari ini, sidak dilakukan di Pasar Gringging. Petugas gabungan tersebut mendatangi masing – masing lapak pedagang sembako, pedagang daging sapi dan pedagang daging ayam. Dalam sidak tersebut, petugas memiksa kelayakan dagangan, serta memeriksa harga dari masing – masing komoditi.

“Untuk stok sembako di Pasar Gringging masih aman. Sementara untuk harganya juga masih normal. Tidak ada kenaikan yang signifikan dan masih sesuai ketentuan permendag nomor 24 tahun 2020 tetang penetapan harga pembelian pemerintah untuk gabah dan beras serta berdasar pada permendag nomor 07 tahun 2020 tentang harga acuan pembelian ditingkat petani dan harga acuan penjualan ditingkat konsumen,” jelasnya.

Hary Mulyanto menambahkan, selain sidak pasar, petugas gabungan juga mendatangi salah satu penggilingan dan gudang beras di Kecamatan Banyakan untuk mengetahui jumlah stok. Hasilnya di gudang tersebut sedikitnya terdapat 3.400 ton beras yang telah siap dipasarkan, dan jumlah tersebut mencukupi untuk pasokan 2 bulan ke depan. [adv kominfo/nm]



Apa Reaksi Anda?

Komentar