Politik Pemerintahan

Satgas Keamanan Desa Akan Dilatih Kemiliteran

Lumajang (beritajatim.com) – Menanggapi terkait persoalan keamanan yang ada di desa saat ini, Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap kepada seluruh Kades (Kepala Desa) mengaktifkan SKD (Satgas Keamanan Desa). Selanjutnya, SKD tersebut akan dilatih Batalyon 527.

“Satgas keamanan desa merupakan salah satu embrio (awal mula) penanganan secara kolektif untuk keamanan desa. Hal itu penting dilaksanakan kembali,” ungkap Cak Thoriq, sapaan akrab Bupati Lumajang, Senin 31/8/2020).

Masih kata bupati, pihak Batalyon 527 /Baladibya Yudha Lumajang siap mendukung Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam menggalakkan kembali satgas keamanan. “Komandan Batalyon (Danyon) Lumajang menawarkan untuk latihan kemiliteran. Agar para satgas memiliki bekal dalam menjaga keamanan desanya masing-masing,” terangnya.

Cak Thoriq juga berkeinginan agar Pemerintah Desa terus berkolaborasi serta bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten, sehingga kedepannya semua program yang ada di desa bisa berjalan secara maksimal. Juga manfaatnya bisa nyata dirasakan oleh masyarakat.

Sementara menanggapi soal pencurian hewan di Lumajang, Bupati berharap peternak mendaftarkan hewannya ke desa. Tujuannya, ada identitas pemilik hewan tersebut. “Pemerintah desa siap mefasilitasi,” paparnya. [har/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar