Politik Pemerintahan

Sandiaga Uno Ajak Santri Jadi Pelopor Swasembada Energi

Pamekasan (beritajatim.com) – Sandiaga Salahuddin Uno mengajak sekaligus memberikan motivasi bagi kaum santri untuk bisa menjadi pelopor swasembada energi, salah satunya dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten.

Hal itu disampaikan saat dirinya memberikan sambutan dalam Internasional Event dalam rangka Pekan Ngaji 4 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata di Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Minggu (20/1/2019) malam.

“Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, termasuk energi. Bahkan Indonesia bisa swasembada energi, sehingga di masa yang akan datang Indoensia bisa ekspor energi ke negara lain,” kata Sandiaga Salahuddin Uno.

Selain itu, demi memajukan sebuah negara harusnya mencari celah di sektor yang paling berpengaruh. “Untuk Indonesia, sektor yang paling berpengaruh adalah pangan. Jadi tidak salah jika dalam kegiatan (Pekan Ngaji) ini ada ngaji peternakan dan ngaji pertanian,” ungkapnya.

“Kedepan (pekan ngaji berikutnya) harus mampu untuk (ngaji) swasembada energi. Bata-Bata bisa menjadi contoh di republik ini, kami punya program Santri Surya, yaitu santri yang mampu mengubah tenaga matahari menjadi listrik,” jelasnya.

Seperti diketahui, program Pekan Ngaji 4 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata menggelar berbagai jenis ngaji. Tidak hanya dalam aspek pendidikan semata, tetapi juga dari aspek lainnya. Mulai dari budaya, sosial, politik, pertanian, perdukunan dan jenis ngaji lainnya.

Bahkan dalam momentum tersebut para narasumber yang dilibatkan merupakan para ahli dan pakar, mulai dari akademisi hingga praktisi. Secara maraton program ngaji digelar secara maraton selama 10 hari terakhir, terhitung sejak Kamis hingga Minggu (10-20/1/2019). [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar